Kamis, 09 Juni 2011

DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG

BIDANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN
(PSMAK)
Jl. Jend. A. Yani no. 239 Telp. (022) 7231047, 7106568, 7208007 Bandung 40113





BUKU KUNING

Buku Pedoman Umum
Pembinaan Pasukan Pengibar Bendera
Tingkat Sekolah
( PASKIBRA SEKOLAH )

















Paskibra Kota Bandung
Jalan Mataraman No. 17 Bandung 40264






PKB 2010-2011_toward rebuild the best system_


SEKAPUR SIRIH


Pintar saja tidak cukup, itu adalah sebuah rangkaian kalimat dari orang bijak yang kalau kita cermati bersama maka maknanya akan sangat dalam sekali.

Banyak diantara orang tua sekarang cenderung mengarahkan putra-putrinya mengikuti kursus, les, bimbingan belajar di luar jam pelajaran sekolah, kemudian justru melarang putra-putrinya tersebut untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler di sekolahnya seperti ; Pramuka, PMR, PKS, Pencinta alam, Olah Raga, Kesenian, Paskibra, dll.

Buku Pedoman yang anda pegang ini merupakan salah satu upaya kami dalam mencoba untuk kembali memberikan kontribusi pemikiran agar terjadi kembali keseimbangan aktifitas antara kegiatan belajar mengajar di satu pihak sebagai kegiatan siswa yang utama dan kegiatan ekstra kurikuler di lain pihak, dimana kedua sisi kegiatan tersebut saling ketergantungan dan saling menguntungkan apabila kita dapat melaksanakan pedoman ini secara baik dan benar.

Buku ini terwujud sebagai hasil dari pengalaman, pengamatan, diskusi, simulasi dan evaluasi di lapangan dan dari berbagai pemikiran, tanya jawab dan olahan pada berbagai kesempatan pertemuan resmi maupun tidak resmi.

Harapan kami buku ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang berkepentingan dan merupakan buku untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengembangan Organisasi pada umumnya dan Pembinaan Paskibra Sekolah pada khususnya.

Kami menyadari bahwa sekalipun tentunya buku ini sangat jauh dari sempurna, namun kita percaya dari pelaksanaan dan pengalaman lapangan nanti akan diperoleh umpan balik yang berharga bagi peningkatan dan perbaikan selanjutnya.

Semoga bermanfaat

Selamat bekerja, Amin







DAFTAR ISI


Sekapur Sirih ……………………………………………………………………. 1
Daftar Isi …………………………………………………………………………. 2


Pedoman Umum Pembinaan Pendidikan dan Latihan Paskibra Sekolah .. 3








































Pedoman Umum
Pembinaan Pendidikan dan Latihan
Pasukan Pengibar Bendera Tingkat Sekolah


PENDAHULUAN

Pembinaan Kesiswaan di Sekolah bermaksud memberikan bekal kepada siswa, yang selanjutnya atas prakarsa sendiri menambah, meningkatkan dan mengembangkan dirinya maupun lingkungannya kearah terciptanya martabat, mutu dan kemampuan manusia yang optimal serta pribadi yang mandiri.
Salah satu materi pembinaan kesiswaan di sekolah yang tercantum di dalam Keputusan Mendikbud Nomor. 0461/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan diperbaharui Permendiknas No. 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan, adalah Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang diselenggarakan di sekolah antara lain dengan pembentukan PASUKAN PENGIBAR BENDERA SEKOLAH dengan kegiatannya yaitu PERATURAN BARIS BERBARIS (PBB), TATA UPACARA BENDERA (TUB) serta LATIHAN KEPEMIMPINAN SISWA bertujuan menanamkan disiplin, mempertebal rasa dan semangat kebangsaan, patriotisme serta sikap kepemimpinan dan rasa tanggung jawab yang tinggi bagi para siswa sehingga diperoleh sikap lahir (Ketegapan, ketangkasan, kelincahan dan kerapihan) dan sikap Bathin (ketaatan, keikhlasan berkorban, kesetiakawanan dan rasa persatuan dan kesatuan) di kalangan para siswa sehingga dapat mencapai Tujuan Pendidikan Nasional yang akhirnya tercapai pula Tujuan Nasional.

MAKSUD

Maksud dari pembentukan Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Sekolah ini adalah sebagai usaha dalam rangka menggalakan Ketahanan Sekolah sebagai perwujudan dari Wawasan Wiyata Mandala sehingga menimbulkan persatuan dan kesatuan diantara siswa di sekolah demi terwujudnya Ketahanan Nasional

CITA-CITA dan TUJUAN

Cita-cita dan Tujuan luhur yang sangat sederhana dari pembentukan Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Sekolah ini adalah untuk menampung aspirasi agar para siswa tersebut dapat terbina, ditingkatkan dan dikembangkan dalam membentuk persatuan dan kesatuan sehingga dapat dihindari perkelahian diantara pelajar khususnya di Kota Bandung.




LANDASAN

Landasan dari pembentukan PASKIBRA SEKOLAH adalah :
1. Landasan Idiil : Pancasila
2. Landasan Konstitusional : Undang-Undang Dasar 1945
3. Landasan Operasional :
a. UU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b. PP No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah
c. Kep. Mendikbud Nomor. 0461/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan
d. Kep. Dirjen Dikdasmen Nomor. 0226/C/Kep/O. 1992 tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan
e. Permendiknas No. 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan



PEMBINAAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN
PASKIBRA SEKOLAH

PROSES PEMBENTUKAN PASKIBRA DI SEKOLAH (SMA/SMK)

1. Sekolah melalui Wakasek Kesiswaan menunjuk Pembina Paskibra bersama-sama Pembina OSIS mengadakan pertemuan rencana pembentukan Paskibra di Sekolah.
2. Wakasek Kesiswaan, Pembina Paskibra dan Pembina OSIS mengumpulkan Siswa yang berminat menjadi Calon Anggota Paskibra.
3. Sekolah yang tadinya sudah mempunyai PASUS, PASTI, PASKARA, DLL berganti nama menjadi PASKIBRA Sekolah .
4. Paskibra Sekolah disebut juga Paskibra Kota Bandung yang merupakan gabungan dari seluruh anggota Paskibra yang berada di sekolah masing masing (SMA/SMK/MA di Kota Bandung).
5. Sekolah menyerahkan data Satuan Pembentukan Paskibra Sekolah dengan menyebutkan jumlah anggota kelas XII, kelas XI dan kelas X ke Paskibra Kota Bandung melalui Dinas Pendidikan Kota Bandung Bidang PSMAK untuk mendapatkan Nomor Pokok Satuan Paskibra Kota Bandung (NPS PKB).
6. Dinas Pendidikan mengirim pelatih dengan surat tugas untuk Satuan yang belum memiliki Pelatih. Pelatih adalah orang yang ditunjuk sesuai Surat Tugas dari Dinas Pendidikan Kota Bandung, bisa juga anggota Purna Paskibraka Indonesia yang ditugaskan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung.
7. Pelatih-pelatih yang merupakan pelatih awal di sekolah, bisa bergabung dengan Dewan Pelatih tingkat Kota Bandung dengan mengikuti Sertifikasi Pelatih Paskibra yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung.
8. Sekolah tersebut selanjutnya mengadakan LATSAT, DIKLATSAR, KEGIATAN VARIATIF, DIKLATSARGAB, PUSDIKLATSAR ASRAMA (Tentatif).


PROSES PEMILIHAN CALON PASKIBRAKA TINGKAT KOTA

1. Sekolah mengadakan seleksi terhadap Paskibra Sekolah dan “Siswa lainnya” untuk memilih CALON PASKIBRAKA.
2. Proses Seleksi dilaksanakan di tingkat sekolah oleh Pembina dan Pelatih pada awal tahun ajaran baru, selanjutnya ditentukan kemudian oleh surat edaran dari Dinas Pemuda Olahraga Kota Bandung.

Kriteria Umum pemilihan calon-calon anggota Paskibraka adalah:
ü Ahlak ditinjau dari Nilai-nilai Pancasila
a. Mental/Moral dapat dipertanggung jawabkan
b. Mentaati Kewajiban Agama yang dianutnya
c. Budi pekerti luhur dan tingkah laku baik.
ü Kepribadian
a. Mahir Baris berbaris
b. Memiliki kecakapan Kepemimpinan
c. Menghayati arti dan sejarah Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan menghayati fungsi dan arti Bendera Negara, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan.
ü Kemampuan/Prestasi
a. Mahir Baris Berbaris
b. Memiliki kecakapan kepemimpinan
c. Menghayati arti dan sejarah Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan menghayati fungsi dan arti Bendera Negara, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan.
ü Keterampilan di bidang kesenian (Seni tari dan alat musik tradisional) dan olah raga.

3. Sekolah mengirimkan 1 (satu) orang Putra dan 1 (satu) orang Putri yang terpilih, ditujukan kepada Dinas Pemuda Olahraga Kota Bandung Bidang PSMAK untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan Paskibraka Kota Bandung.(dibahas oleh Instruktur dan PPI)
4. Calon Anggota PASKIBRAKA KOTA adalah merupakan GABUNGAN SELURUH ANGGOTA PASKIBRA SEKOLAH.
5. Calon Paskibraka terus melanjutkan Pendidikan dan Latihan hingga menjadi PASKIBRAKA di Bulan Agustus.
6. Anggota Paskibraka yang telah selesai melaksanakan tugasnya berperan aktif selanjutnya sebagai anggota PPI, apabila ada kegiatan-kegiatan yang membawa bendera PPI.
7. Sebaiknya pengurus PPI dan anggotanya, bekerja sama membuat PROGRAM TERPADU selanjutnya.






PENANGGUNG JAWAB PEMBINAAN DAN PELATIHAN PASKIBRA SEKOLAH

1. PEMBINA
Tingkat Sekolah (Satuan)
Pembina : Kepala Sekolah
Pembina Harian : Wakasek Kesiswaan/Pembina OSIS/Pembina Paskibra
2. PELATIH
a. adalah Anggota PPI (Purna Paskibraka Indonesia) yang telah disertifikasi dan bergabung dalam Dewan Pelatih Kota Bandung dengan membawa Surat Tugas dari Dinas Pendidikan Kota Bandung
b. adalah Alumni Paskibra Kota Bandung dan seseorang yang merupakan pelatih awal di sekolah yang telah mengikuti Sertifikasi Pelatih Paskibra yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung.


STRUKTUR KOORDINASI PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PASKIBRA SEKOLAH

DINAS PENDIDIKAN
KOTA BANDUNG
Bidang PSMAK
PEMERINTAH
KOTA BANDUNG




SEKOLAH

Surat Tugas
DEWAN PELATIH
PASKIBRA KOTA BANDUNG


OSIS





PASKIBRA SEKOLAH




: Garis Komando/ Perintah
: Garis Koordinasi
Matraman 17l,18 September 2010, 20:00 wib (Revisi 2010)



STRUKTUR KEORGANISASIAN PASKIBRA SEKOLAH

KEPALA SEKOLAH
KOORDINATOR UMUM
PASKIBRA KOTA BANDUNG




WAKASEK KESISWAAN



PEMBINA OSIS




PEMBINA PASKIBRA SEKOLAH




KOORDINATOR SATUAN (Kelas XI)




WK.KOORDINATOR SATUAN (Kelas XI)







SEKRETARIS
(Kelas XI)
BENDAHARA
(Kelas XI)




BIDANG II
SARPRA
BIDANG I
KESEKRE
TARIATAN
BIDANG IV
HUMAS
BIDANG III
BINLAT






CAPAS
(Kelas X)









Keterangan :
1 Bidang I : Kesekretariatan
- Kearsipan
- Agenda Kegiatan
- Agenda Kehadiran
- Sekretariat
- Keanggotaan
- Penerimaan Anggota Baru.
- Kepindahan Anggota
- Kartu Anggota
2. Bidang II : Sarana dan Prasarana
- Inventaris Peralatan dan Perlengkapan
- Perawatan Sarana
3. Bidang III : Pembinaan dan Latihan
- LATSAT, DIKLATSAR, DIKLATSARGAB, PUSDIKLATSAR ASRAMA
- Kegiatan Rekreatif dan Variatif
4. Bidang IV : Humas
- Sponsorship Kegiatan Sekolah (Lomba Baris Berbaris, dll)
- Kegiatan Kemasyarakatan
- Jaringan Komunikasi dengan sekolah lain
STRUKTUR POLA PEMBINAAN PASKIBRA SEKOLAH


B E R T A N Y A
M E M B A C A
MEMBERIKAN PENDAPAT
M E N D E N G A R K A N
M E N E L I T I
M E L I H A T
PENDEKATAN :
SISTEM AMONG/
KAKAK ASUH
-------------------------
1. Kemampuan Teknis
2. Kemampuan Akademis :
- Cara Belajar
- Cara membagi Waktu
- Cara menghadapi Ujian
3. Kehadiran di Sekolah
4. Doktrin Tabungan
5. Pengendalian Latihan
6. HAM dengan Orang tua
7. HAM dengan KEPSEK
8. HAM dengan Pembina OSIS
9. HAM dengan Guru-guru
10. HAM dengan “Siswa lainnya”
11. Partisipasi di Kegiatan OSIS
12. Partisipasi kemasyarakatan
13. Bimbingan Belajar
EVALUASI :
-------------------------
1. Test Lisan
2. Test Tertulis
3. Pidato
4. Perlombaan
5. Praktek Melatih
6. Skala Sikap
7. Cepat Tepat
8. Test Praktek
METODA :
-------------------------
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Tanya Jawab
4. Diskusi
5. Simulasi
6. Praktek
7. Permainan
8. MI
9. Audiensi
Bentuk Kegiatan:
-------------------------------------------------
1. Latihan Satuan
2. Diklatsar
3. Diklatsargab
4. Latihan PHBN
5. Kunjungan Sekolah
6. Kunjungan Rumah
7. Rekreasi
8. Variatif
MATERI :
-------------------------
1. TUB
2. PBB
3. Pengetahuan Khusus :
- Bendera
- Lambang
- Lagu
4. Pengetahuan Umum :
- Sejarah
- dll
5. Kepemimpinan
6. Santiaji
7. Wawasan berfikir
8. Pancasila
9. UUD 1945
10. GBHN
11. Persiapan menjadi Pelatih
KURIKULUM :


SKEMA / ALUR PENDIDIKAN PASKIBRA KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN PENGEMBANGAN POTENSI SATUAN/SEKOLAH

6
Bulan
Kls XII


6
Bulan
Kls XII
1
Tahun
Kls XI
1
Tahun
Kls X
1
Bulan
Kls X




BACAPAS
PELATIH MUDA
RIMATA
RAKANTA
CAPAS





ADM
1. Formulir Biodata
2. Perjanjian menabung
3. Sudah mulai
menabung

PURNA
BAKTI

- Pengajuan
LA Pelatih
muda
- Brefet dari
satuan
-Pengajuan LA Merah
-Pengajuan Ephoulete
Merah
-Buku Merah
- PUSDIKLATSAR
- Asrama (Pelantikan)
- Pengajuan LK Putih
- Pengajuan LA Hijau
- Pengajuan Ephoulete
Hijau
- KTA PKB
- Buku Hijau
Pengajuan LA
CAPAS dan
Buku saku putih





Praktek kepelatihan


catatan
- Tempat pendidikan dilakukan di sekolah/satuan masing masing.
- Tabungan dikelola oleh satuan masing-masing ( dipegang oleh Anggota dikontrol oleh pelatih dan pembina).
- Pendataan dan pelaporan anggota dilakukan berbarengan dengan pengajuan perlengkapan dan buku saku.
- Perlengkapan harus diajukan ke pengurus PKB yaitu LA, Lk, Ephoulete, dan KTA.
- Perlengkapan lain di atur dalam Anggaran Rumah Tangga Atau Peraturan Organisasi.
PENJELASAN ALUR PENDIDIKAN PASKIBRA SEKOLAH

1. BACAPAS
Satuan menerima pendaftaran anggota baru dari kelas X yang kemudian di beri nama Bakal Calon PASKIBRA (BACAPAS), satuan tidak berhak untuk memungut uang pendaftaran dari BACAPAS.
Dalam formulir pendaftaran dicantumkan
- Surat tentang biaya pendaftaran
- Formulir biodata BACAPAS
- Surat Pernyataan
- Formulir detil kondisi fisik BACAPAS, riwayat penyakit dilampirkan.
- Formulir perjanjian kesiapan/kesanggupan menabung ditandatangani oleh orang tua/wali siswa
- Surat ijin orang tua
Jangka waktu menjadi BACAPAS hanya 1 bulan saja, yaitu
1. Pengecekan administrasi melalui pengembalian formulir.
2. Cek fisik/ kesehatan BACAPAS di satuan.
3. Menabung untuk lencana anggota CAPAS serta buku saku putih, sehingga status BACAPAS berubah menjadi CAPAS ketika sudah di bagikan LA CAPAS dan buku saku putih.

2. CAPAS
Bakal CAPAS (BACAPAS) resmi jadi CAPAS setelah disematkan Lencana Teratai Putih dan mempunyai Buku Saku Putih, perlengkapan tersebut di ajukan oleh Senior atau Pelatih kepada pengurus PKB, teknis pembagian di atur menurut satuannya masing masing.
LA Putih dan Buku Saku dapat dibeli oleh satuan melalui Koperasi Paskibra Kota Bandung yang beralamat di Jl.Mataraman No.17 Bandung, setelah mendapatkan izin dari pengurus PKB.

PENDIDIKAN CAPAS
Pendidikan CAPAS berlangsung selama 1 (satu) tahun dengan kurikulum materi :
- Doktrin disiplin menabung
- Doktrin Buku merah putih
- Doktrin SK 100
- Doktrin amalan ibadah dan bakti keluarga
- PBB I sampai PBB X
- Tata Upacara Bendera
- Lipat Bentang Bendera
- Lagu dan Permainan
- Doktrin Aplikasi Sikap Penampilan (Akhlakul karimah)
- Mengisi buku saku Putih (setiap materi yang sudah dikuasai akan ditanda tangani oleh pemberi materi daripelatih/pelatih muda)
- Materi LKKP Pemuka Siswa (LK putih) dilaksanakan pada saat PUSDIKLATSAR ASRAMA (Pengukuhan).
- PBB,TUB,lagu, permainan
- Masing-masing materi diatas terlampir pada buku materi (Buku MeJiKuHiBi).
Pendidikan CAPAS di akhiri dengan PUSDIKLATSAR dan ASRAMA.
3. RAKANTA
Seorang CAPAS telah resmi menjadi RAKANTA setelah dia mengikuti Pusdiklatsar Asrama (Pelantikan/ Pengukuhan), kemudian disematkan LK Putih (LKKP pemuka siswa), LA Hijau, dan Ephoulete Hijau. Seorang RAKANTA juga akan mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA PKB), dan Buku Hijau. Perlengkapan tersebut di ajukan oleh Senior atau Pelatih Satuan kepada pengurus PKB atau Dewan Pelatih. Teknis pembagian di atur oleh Dewan Pelatih. Peralatan lain seperti Pakaian Dinas Upacara (PDU), Pakaian Dinas Harian (PDH), dan Pakaian Dinas Latihan (PDL) dikelola oleh Koperasi Paskibra Kota Bandung, agar sesuai dan mengacu pada Peraturan Organisasi PKB.

PEMBINAAN LANJUTAN RAKANTA
Pembinaan lanjutan RAKANTA berlangsung selama 1 (satu) tahun dengan kurikulum:
- Materi Melatih TUB, PBB I s.d. X, dan Lipat Bentang Bendera
- Materi LKKP Perintis Pemuda (LK Hijau), format materi terlampir
- Materi Kepelatihan tingkat Mula, format materi terlampir
- Doktrin SK.100
- Doktrin amalan ibadah dan bakti keluarga
- Doktrin Aplikasi Sikap Penampilan (Akhlakul Karimah)
- Mengisi buku saku Hijau(setiap materi yang sudah dikuasai akan ditanda tangani oleh pemberi materi dari Instruktur/ Pelatih)

4. RIMATA
Seorang RAKANTA telah resmi menjadi RIMATA setelah dia disematkan LA merah, Ephaulete merah, dan Buku merah, yang diperoleh dari Pengurus PKB.

PEMBINAAN LANJUTAN RIMATA
Pembinaan lanjutan RIMATA berlangsung selama 6 (enam)bulan dengan kurikulum :
- Materi Kepelatihan tingkat Muda, format materi terlampir
- Melanjutkan Materi LKKP perintis pemuda (LK Hijau), jika belum selesai.
- Doktrin amalan ibadah dan bakti keluarga
- Doktrin Aplikasi Sikap Penampilan (Akhlakul karimah)
- Mengisi buku saku Merah (masing masing materi jika sudah dikuasai akan ditanda tangani oleh pemberi materi dari Instruktur/Pelatih)

4. PELATIH MUDA
Seorang RIMATA menjadi PELATIH MUDA dia menyelesaikan Kepelatihan tingkat Muda dan LKKP perintis pemuda, hingga disematkan Brefet Pelatih Muda.

PEMBINAAN LANJUTAN PELATIH MUDA
Pembinaan lanjutan pelatih muda berlangsung selama 6 (enam) bulan dengan materi :
- Manajemen Strategi Pengelolaan Satuan
- Melanjutkan mengisi buku saku Merah.




PETUNJUK PELAKSANAAN KEUANGAN
PASKIBRA KOTA BANDUNG
====================================================

PENDAHULUAN

Pengelolaan keuangan Paskibra Kota Bandung, adalah berdasarkan kepada pengelolaan keuangan dengan sistem keterbukaan. Dimana uang yang didapat adalah merupakan milik Anggota Paskibra Kota Bandung, yang dipergunakan untuk kepentingan anggota Paskibra Kota Bandung.

MAKSUD
Petunjuk ini dimaksudkan agar pengelolaan keuangan Anggota Paskibra Kota Bandung dapat berjalan lancar.

TUJUAN
1. Terciptanya sistem dialogis, keterbukaan dan kejujuran dalam pengelolaan keuangan
2. Keuangan yang terhimpun dapat termanfaatkan dengan baik dan benar.
3. Terciptanya kebiasaan menabung bagi Anggota Paskibra Kota Bandung.
4. Terciptanya Organisasi yang mandiri.

BENTUK PENGUMPULAN KEUANGAN

A. Menabung pada masa CAPAS
1. Jumlah nominal Tabungan bagi Capas setiap harinya ditentukan oleh kesepakatan antara pengurus dan Capas dalam surat kesepakatan menabung.
2. Dikumpulkan melalui Bendahara Satuan kelas X.
3. Waktu pengumpulan adalah minimal ±300 hari(selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman tanpa keluar dari aturan yang telah ditetapkan).
4. Pengelolaan keuangan secara MANDIRI di sekolah masing-masing dan disetorkan kepada bendahara Paskibra Kota Bandung setiap 1 minggu 1 kali dengan tertib administrasi yang telah ditentukan dalam petunjuk pelaksanaan tabungan.
5. Uang Tabungan dipergunakan untuk membiayai Pendidikan dan Perlengkapan Paskibra , yang apabila ada sisa saldo maka selanjutnya digunakan untuk kepentingan organisasi Paskibra Kota Bandung.
6. Untuk membeli semua Perlengkapan Paskibra harus melalui Koperasi Paskibra Kota Bandung.

B. Iuran sesudah menjadi Anggota Paskibra kelas XI.
1. Besar Iuran setiap harinya ditentukan oleh kesepakatan Pengurus Paskibra tingkat Kota.
2. Dikumpulkan melalui Bendahara Satuan Rakanta
3. Waktu pengumpulan adalah minimal ±300 hari(selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman tanpa keluar dari aturan yang telah ditetapkan).


BENTUK PENGGUNAAN KEUANGAN

1. Dipergunakan untuk kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar.
a. Publikasi, Promosi dan Pendaftaran.
b. Seleksi
c. Welcome Ceremony
d. Diklatsar

2. Dipergunakan untuk kegiatan Pembinaan dan Lanjutan
a. PUSDIKLATSAR ASRAMA
b. Kegiatan Rekreatif dan Variatif
c. Milad/ HUT Paskibra
d. Buka Puasa Bersama
e. Kunjungan atau HAM antar Satuan
f. Purna Bakti

3. Dipergunakan untuk pengadaan Perlengkapan dan Peralatan (pembelian harus melalui Koperasi Paskibra Kota Bandung) seperti :
a. Pakaian Dinas Upacara (PDU)
b. Pakaian Dinas Latihan (PDL)
c. Lencana Kepemimpinan (LK)
d. Lencana Anggota (LA)
e. Ephaulets
f. Wings Angkatan
g. KTA
h. dll

4. Dipergunakan untuk Usaha mencari pemasukan tambahan.
a. Koperasi
b. Usaha lainnya

PRINSIP-PRINSIP KEUANGAN
========================
1. Keuangan Kas Paskibra Sekolah juga pada saat-saat tertentu dimungkinkan untuk membantu kegiatan-kegiatan Paskibra di sekolah, Perawatan Sarana Sekretariat Paskibra Sekolah, dll.
2. Semua Penggunaan keuangan harus dimulai dari Perencanaan.
3. Semua penggunaan keuangan harus hemat, cermat, mempunyai manfaat tinggi.
4. Semua pengguna keuangan harus didasarkan atas asas, keterbukaan,dan saling mempercayai.
5. Semua penyimpanan dan penggunaan keuangan harus diakhiri dengan Laporan secara terperinci.
6. Semua Anggota Paskibra Kota Bandung bisa mengetahui pendapatan dan pengeluaran keuangan.
7. Diusahakan se-maksimal mungkin kegiatan Paskibra Kota Bandung bersifat mandiri



PETUNJUK PELAKSANAAN
LATIHAN SATUAN
=======================================================

PENDAHULUAN

Paskibra Sekolah adalah Organisasi Paskibra Kota Bandung yang mana kegiatannya dikonsentrasikan (dipusatkan) di sekolah masing-masing, dan Pembinaan Lanjutan yang kemudian disebut Latihan Satuan.

MAKSUD

Latihan Satuan dimaksudkan untuk memberikan gerak langkah Anggota Paskibra dalam mengisi kegiatannya sendiri dan mengaplikasikan Disiplin dan Sikap yang dipelajarinya di lingkungan Sekolah, Keluarga dan Masyarakat.

TUJUAN

1. kegiatan yang dapat mengaktualisasikan dirinya sebagai pemuda teladan.
2. Mempererat persatuan dan kesatuan Anggota Paskibra.
3. Memperluas pergaulan.
4. Mempercepat dan mempermudah Anggota Paskibra dalam memahami cara-cara pencapaian Nilai Akademis yang Tinggi sekaligus menguasai ilmunya.

BENTUK KEGIATAN LATIHAN SATUAN

Bentuk Kegiatan Latihan Satuan berupa Pembinaan yang terdiri dari :

1. Audiensi (Tatap Muka) atau HAM (Hubungan Antar Manusia)
Adalah LATSAT yang berbentuk kegiatan Tatap Muka dan Dialog dengan:
a. Pembina dengan anggota.
b. Pelatih dengan anggota
c. Antar sesama anggota (Rimata, Rakanta, Capas)
d. Kepala Sekolah
e. Guru Pembina OSIS
f. Guru-guru Pengajar
g. Pengurus PK dan OSIS
h. Pengurus Lembaga kegiatan Siswa lainnya
i. Karyawan sekolah

Materi yang menjadi pokok Dialog/ HAM adalah :
a. Pengembangan Pribadi anggota Paskibra sebagai siswa sekolah, Tata Krama, Etika Pergaulan, dan Sikap Penampilan (sesuai dengan SK.100)
b. Pengertian Paskibra Sekolah dan Paskibra Kota Bandung
c. Kritikan, Usulan dan Saran Timbal Balik peserta tatap muka HAM
d. Diskusi keagamaan, Keterbukaan masalah keuangan, masalah keluarga, dll.
Tempat Dialog bisa di Rumah ataupun di Sekolah.
Waktu dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan.

2. Kunjungan kelembagaan
Adalah LATSAT yang berbentuk kunjungan kelembagaan, yaitu :
a. IPTN
b. Museum-museum
c. Perguruan-perguruan tinggi.
d. Lembaga-lembaga Pemerintahan : Walikota, Sekotda, dll.
Waktu disesuaikan dengan rencana kegiatan.

3. Kunjungan ke rumah Anggota
Adalah LATSAT yang berbentuk kunjungan ke rumah Anggota. Materi kegiatan adalah :
a. Kelompok Belajar
b. Dialog dan Diskusi dengan Orang Tua Anggota
c. Perkenalan Kekeluargaan
d. Rekreasi ; ‘Rujak Party’
e. Dll
Waktu dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan.

4. Kunjungan ke rumah Pembina atau Pelatih.
Adalah LATSAT yang berbentuk kunjungan ke rumah Pembina atau Pelatih. Materi kegiatan adalah :
a. Dialog dan Diskusi
b. Pengalaman kegiatan
c. Rekreasi
Waktu dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan.

5. Kunjungan ke Satuan/ Sekolah Lain
Adalah LATSAT yang berbentuk kunjungan ke Satuan lain.
Materi kegiatan adalah :
a. Dialog dan Diskusi
b. Latihan Bersama
c. Olah Raga
d. Rekreasi
e. dll.


PRINSIP-PRINSIP LATIHAN SATUAN


1. Kegiatan LATSAT harus dihadiri oleh : Pelatih, Rimata, Rakanta, dan Capas.
2. Lamanya Kegiatan LATSAT yang dilakukan di sekolah berpedoman pada :
a. Kesepakatan
b. Untuk LATSAT Pagi hari dimulai pukul 06.00 s/d 08.30
Untuk LATSAT Sore hari dimulai pukul 13.00 s/d 15.30
Waktu latsat diperkirakan tidak melebihi 2 jam pelajaran.
c. Susunan kegiatan adalah sbb :
06.00 (13.00) : Capas, Rakanta, Rimata, Pelatih berkumpul
06.15 (13.15) : Administrasi ; Kehadiran, Keuangan
06.30 (13.30) : - Dialog Keterbukaan dan Diskusi
(pemecahan Masalah-masalah)
- Kelompok Belajar
- Kegiatan Variatif, dll
08.30 (15.30) : Apel
d. Pakaian latsat tidak harus selalu menggunakan Pakaian Latihan, boleh hanya memakai PSAS saja.
3. Harus didapatkan PERKEMBANGAN WAWASAN DAN SIKAP
4. Harus ada catatan (Agenda) Kegiatan
5. Pembiayaan LATSAT harus berdasarkan kesepakatan dan Hemat.
6. LATSAT dilaksanakan minimal satu minggu satu kali.
7. Pendekatan LATSAT menggunakan pola kakak asuh dan adik asuh.





























PETUNJUK PELAKSANAAN MATERI
LATIHAN SATUAN
PASKIBRA SEKOLAH
TAHUN AJARAN 2010 – 2011

I. MATERI TUGAS DAN KELAS KUNJUNGAN DAN TATAP MUKA ( 1 JAM PELAJARAN )


NO MATERI TUGAS MATERI KELAS LAGU KET.
1 Perkenalan di satuan 1. Kapok Perkenalan
2. Lagu, Permainan MARS PASKIBRAKA
MARS PASKIBRA
SELAMAT DATANG
TERIMA KASIH 1,2,3,4
LAGU ANGKATAN Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
2 Motivasi Disiplin Aturan & Menabung 1. Kapok Kebersamaan
2. Perkenalan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
3. Motivasi Menabung ADIK BARU
ADIK KAKAK JATUHCINTA
ADUH KASIHAN PASKIBRA Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
3 Pembagian Kakak Asuh 1. Kapok Kekeluargaan
2. Perkenalan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
3. Motivasi Menabung
4. Perlengkapan CAPAS
5. Pembuatan Buku Merah Putih & Cuex ALENAJA
AMAPONDO
AYO MAMA
BAJU BARU
BALONKU 1,2 Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
4 Tugas Tatap Muka & Kunjungan dengan KAKAK ASUH 1. Kapok Persatuan
2. Perkenalan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
3. Motivasi Menabung
4. Perlengkapan CAPAS
5. Pembuatan Buku Merah Putih & Cuex
6. Cara Belajar & Membagi Waktu BANEBE
BERKARYA BERGEMBIRA
BERLARI PAGI
BOSAN
BUKA PINTU
CECEKOLE Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
5 Tugas Tatap Muka & Kunjungan dengan ORANG TUA CAPAS & Belajar Bersama persiapan ULUM Akhir Semester 1. Kapok Kekeluargaan
2. Perkenalan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
3. Motivasi Menabung
4. Teori dan Aplikasi Sikap Paskibra
5. Disiplin, Tata karma & Sopan Santun
6. Cara Belajar & Membagi Waktu CINTA KILAT
CITA-CITA
CIUM SAYA COLENAK
DARLING
LARI EUY
LARI PAGI
LATIHAN PASKIBRA Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
6 Tugas Tatap Muka & Kunjungan dengan WALI SATUAN & PEMBINA PASKIBRA SATUAN 1. Kapok Persatuan dan Kesatuan
2. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
3. Motivasi Menabung
4. Keterbukaan
5. Komunikasi
6. Cara Belajar & Membagi Waktu
7. Pemahaman Lagu, Motto dan lambang Paskibraka DER HANDERSTUT
DIANA
DOLEWAK
DOREMI
ENTOG NGENDOG
FORGET TO ME Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
7 Tugas Tatap Muka & Kunjungan dengan PENGURUS OSIS 1. Kapok Kepemimpinan
2. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
3. Motivasi Menabung
4. Kesekretariatan dan Bendahara
5. Pembuatan Proposal dan Laporan GADO-GADO
GEMBIRA
GEMERINCING
GEULEUH 1,2
GONNA CHICKEN 1,2 Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
8 Tugas Tatap Muka & Kunjungan dengan PEMBINA OSIS/WAKASEK KESISWAAN & KURIKULUM 1. Kapok Kekeluargaan
2. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Sekolah
3. Motivasi Menabung
4. Teori dan Aplikasi Sikap Paskibra
5. Cara Belajar & Membagi Waktu
6. Pengambilan Keputusan
GORENG PISANG
HEIHO
HULA HALE
IF I WAS DIE
IKAN SEMBILAN
JIKA BERBARIS
JHON KANAKANA Diskusi
9 Tugas Tatap Muka & Kunjungan dengan KEPALA SEKOLAH 1. Kapok Kekeluargaan
2. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Sekolah
3. Motivasi Menabung
4. Teori dan Aplikasi Sikap Paskibra
5. Cara Belajar & Membagi Waktu
6. Motivasi KACUNG KAMPRET
KAPAL SELAM
KAPENOL
KISS ME I
KUPLET
LARANTENAN Diskusi
10 Tugas Tatap Muka & Kunjungan dengan PENGURUS PASKIBRA KOTA BANDUNG 1. Kapok Kekeluargaan
2. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Sekolah
3. Motivasi Menabung
4. Teori dan Aplikasi Sikap Paskibra
5. Cara Belajar & Membagi Waktu
6. Retorika LOOK AT MY GARDEN
MAHAWARE
MANG ATA
MANGGIS
MASUTA
Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
11 Tugas Tatap Muka & Kunjungan dengan PENGURUS PURNA PASKIBRAKA INDONESIA KOTA BANDUNG & Belajar Bersama Persiapan UTS Genap 1. Kapok Kekeluargaan
2. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Sekolah
3. Motivasi Menabung
4. Teori dan Aplikasi Sikap Paskibra
5. Cara Belajar & Membagi Waktu
6. Pengenalan Paskibraka MERDEKA 1,2,3
MICOL
MINGGIRLAH
MOON TO SUN
OBAT AWET MUDA
OLAH RAGA SEHAT
OTO BEMO
SALA BELE
SAY HORASBAH
SEMERAH DARAH Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
12 KEGITAN REKREATIF DAN VARIATIF SHE WAS
SAAT UNTUK MAJU
BEBAS
13 Tugas Tatap Muka & Kunjungan dengan REKAN SATU SATUAN 1. Kapok Kekeluargaan
2. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Sekolah
3. Motivasi Menabung
4. Teori dan Aplikasi Sikap Paskibra
5. Cara Belajar & Membagi Waktu
6. KETERBUKAAN TINGGALKAN AYAH IBU
UPIL
VALDERI
WARONG
WEK-WEK Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
14 Tugas Tatap Muka & Kunjungan dengan SESEPUH PASKIBRA 1. Kapok Kekeluargaan
2. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Sekolah
3. Motivasi Menabung
4. Teori dan Aplikasi Sikap Paskibra
5. Cara Belajar & Membagi Waktu
6. Sejarah Paskibra Kota Bandung YANG
YUDI
YUPROKONCO Diskusi
15 Tugas HAM dengan INSTRUKTUR/PELATIH 1. Kapok Kekeluargaan
2. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Sekolah
3. Motivasi Menabung
4. Teori dan Aplikasi Sikap Paskibra
5. Cara Belajar & Membagi Waktu
6. Sejarah, Tarich bendera merah putih, pusaka, lambang Negara,lagu Indonesia Raya & PP No. 40 & 44 EVALUASI LAGU Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
16 Tugas Belajar Bersama Persiapan ULUM KENAIKAN KELAS
1. Kapok Kekeluargaan
2. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Sekolah
3. Motivasi Menabung
4. Teori dan Aplikasi Sikap Paskibra
5. Cara Belajar & Membagi Waktu
6. Belajar bersama EVALUASI LAGU Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan





II. RENCANA LATIHAN SATUAN / RENLAT ( 1 JAM PELAJARAN )


DURASI WAKTU 1 JAM DISKUSI KEGIATAN
5’ PRESENSI
5’ APERSEPSI, DISIPLIN, TABUNGAN, BELAJAR
5’ GAMES / LAGU
35 MATERI DISKUSI
5’ GAMES LAGU
5’ PENGAYAAN
TOTAL = 60’

III. RENCANA OPERASI LATIHAN SATUAN / RENOPS ( 1 JAM PELAJARAN )


WAKTU DURASI KEGIATAN KEGIATAN BERLATIH-MELATIH (KBM) PENANGGUNG JAWAB KET





































PETUNJUK PELAKSANAAN
Pendidikan Latihan Dasar (DIKLATSAR)
=======================================================

PENDAHULUAN
Paskibra Sekolah adalah Organisasi Paskibra yang mana kegiatannya dikonsentrasikan (dipusatkan) di sekolah masing-masing, dan Pembinaan Lanjutan yang kemudian disebut Pendidikan Latihan Dasar (DIKLATSAR).

MAKSUD
Kegiatan Diklatsar dimaksudkan untuk bisa mengembangkan potensi Anggota Paskibra dalam wawasan yang lebih luas daripada kegiatan di Sekolah.

TUJUAN
1. Kegiatan yang dapat mengaktualisasikan dirinya sebagai pemuda teladan.
2. Mempererat persatuan dan kesatuan antar Anggota Paskibra di sekolah.
3. Anggota dapat menguasai Ilmu tentang PBB, TUB, Pengetahuan Umum, Pengetahuan Khusus dan materi-materi Paskibra lainnya (sejarah, lagu, permainan, dll)

BENTUK KEGIATAN DIKLATSAR

Bentuk kegiatan Diklatsar dibagi dua :
A. Latihan yang terdiri dari : TUB, PBB, Bendera, pembuatan Buku Merah Putih, sesuai dengan Kurikulum materi yang telah ditentukan oleh Pengurus Paskibra Kota Bandung.

B. Pembinaan yang terdiri dari :
1. Ceramah Umum
Adalah DIKLATSAR yang berbentuk Ceramah Umum dari seorang Kepala Sekolah, Wakasek Kesiswaan dan Pembina.
2. Santiaji
Adalah DIKLATSAR yang berbentuk pemberian Doktrin Motivasi.
3. Diskusi, Dialog dan simulasi

Materi yang menjadi pokok Diklatsar adalah :
1. TUB
2. PBB
3. Pengetahuan Khusus :
- Bendera
- Lambang
- Lagu
4. Pengetahuan Umum :
- Sejarah
- dll
5. Kepemimpinan
6. Santiaji
7. Wawasan berfikir
8. Pancasila
9. UUD 1945
10. Bakti Keluarga
11. Kegiatan Tatap muka


PRINSIP-PRINSIP DIKLATSAR

1. Kegiatan DIKLATSAR harus dihadiri oleh :
a. Capas/ Calon Anggota kelas X.
b. Anggota Paskibra kelas XI.
c. Anggota Paskibra kelas XII.
d. Pelatih Satuan (mengetahui)
e. Pembina Paskibra (mengetahui)

2. Kegiatan Latihan TUB, PBB, dan Bendera BISA dilaksanakan di luar kegiatan Pembinaan yaitu hari-hari biasa.
Materi pokok kegiatan Diklatsar adalah latihan TUB, PBB dan Bendera.
Kegiatan Latihan TUB, PBB dan Bendera WAJIB dilaksanakan seminggu sekali dengan alokasi waktu minimal 30 menit dan maksimal 60 menit, dengan berpedoman ke Buku Saku.
SETIAP ANGGOTA PASKIBRA MELATIH (BERLATIH) DIRINYA SENDIRI UNTUK KESEGARAN JASMANI (OLAH RAGA) DAN TUB, PBB DAN BENDERA.

3. Lamanya Kegiatan DIKLATSAR yang dilakukan di sekolah berpedoman pada:
a. Kesepakatan
b. Untuk Diklatsar Pagi hari dimulai pukul 05.30 s/d 07.00
Untuk Diklatsar Siang hari dimulai pukul 12.30 s/d 14.00
Untuk Diklatsar Sore hari dimulai pukul 16.30 s/d 18.00
c. Susunan kegiatan adalah sbb :
05.30 (12.30) (16.30) : Apel
05.45 (12.45) (16.45) : Lari
06.00 (13.00) (17.00) : TUB / PBB / Bendera –
(materi disesuaikan dengan lembar evaluasi pada buku saku)
06.45 (13.45) (17.45) : Santiaji
07.00 (14.00) (18.00) : Apel.
4. Harus didapatkan PERKEMBANGAN WAWASAN DAN SIKAP
5. Harus ada catatan (Agenda) Kegiatan
6. Pembiayaan DIKLATSAR harus berdasarkan kesepakatan dan Hemat.
7. DIKLATSAR dilaksanakan minimal satu bulan satu kali.






PETUNJUK PELAKSANAAN MATERI
DIKLATSAR
PASKIBRA SEKOLAH
TAHUN AJARAN 2010 – 2011


I. MATERI POKOK DIKLATSAR : PBB, TUB DAN BENDERA (SESUAI DENGAN LEMBAR EVALUASI BUKU SAKU)
II. MATERI TUGAS DAN KELAS KUNJUNGAN DAN TATAP MUKA ( + 3 - 5 JAM PELAJARAN )


NO MATERI TUGAS MATERI KELAS LAGU KET.
1 TUGAS BHAKTI MUSHOLA SEKOLAH 1. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
2. Motivasi Menabung
3. PERIKSA Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
4. PBB 1, PBB 2
5. Doktrin Kebersamaan, Kekeluargaan MARS PASKIBRAKA
SELAMAT DATANG
TERIMA KASIH 1,2,3,4
LATIHAN PASKIBRA PRAKTEK DAN MELATIHKAN , Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
2 TUGAS BHAKTI KELUARGA 1 1. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
2. Motivasi Menabung
3. PERIKSA Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
4. PBB 3, PBB 4
5. Doktrin Kebersamaan, Kekeluargaan ADIK BARU
ADIK KAKAK JATUHCINTA
ADUH KASIHAN PASKIBRA PRAKTEK DAN MELATIHKAN , Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
3 TUGAS BHAKTI KELUARGA 2 1. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
2. Motivasi Menabung
3. PERIKSA Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
4. PBB 5, PBB 6
5. Doktrin Kebersamaan, Kekeluargaan ALENAJA
AMAPONDO
AYO MAMA
BAJU BARU
BALONKU 1,2 PRAKTEK DAN MELATIHKAN , Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
4 TUGAS BHAKTI KELUARGA 3 1. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
2. Motivasi Menabung
3. PERIKSA Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
4. PBB 7, PBB 8
5. Doktrin Kebersamaan, Kekeluargaan BANEBE
BERKARYA BERGEMBIRA
BERLARI PAGI
BOSAN
BUKA PINTU PRAKTEK DAN MELATIHKAN , Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
5 TUGAS BELAJAR BERSAMA 1. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
2. Motivasi Menabung
3. PERIKSA Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
4. PBB 9, PBB 10
5. Doktrin Kebersamaan, Kekeluargaan CINTA KILAT
CITA-CITA
CIUM SAYA COLENAK
DARLING
LARI EUY
LARI PAGI PRAKTEK DAN MELATIHKAN , Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
6 TUGAS BHAKTI KELUARGA 4 1. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
2. Motivasi Menabung
3. PERIKSA Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
4. BENDERA 1 ( LIPAT-BENTANG )
5. BENDERA 2 ( 10 TAHAP PENGIBARAN & PENURUNAN)
6. Doktrin Kebersamaan, Kekeluargaan DER HANDERSTUT
DIANA
DOLEWAK
DOREMI
ENTOG NGENDOG
FORGET TO ME PRAKTEK DAN MELATIHKAN , Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
7 TUGAS BHAKTI SEKRETARIAT PASKIBRA SATUAN 1. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
2. Motivasi Menabung
3. PERIKSA Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
4. EVALUASI PBB 1 - 5 , BENDERA 1 & 2
5. Doktrin Kebersamaan, Kekeluargaan GADO-GADO
GEMBIRA
GEMERINCING
GEULEUH 1,2
GONNA CHICKEN 1,2
CECEKOLE PRAKTEK DAN MELATIHKAN , Diskusi PEER-EDUCATOR, simulasi permainan
8 TUGAS BHAKTI SEKRETARIAT PASKIBRA KOTA BANDUNG 1. Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra
2. Motivasi Menabung
3. PERIKSA Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
4. EVALUASI PBB 6 – 10, TUB 1 & 2
5. Doktrin Kebersamaan, Kekeluargaan GORENG PISANG
HEIHO
HULA HALE
IF I WAS DIE
IKAN SEMBILAN
JIKA BERBARIS
JHON KANAKANA PRAKTEK DAN MELATIHKAN , Diskusi

III. RENCANA LATIHAN DIKLATSAR / RENLAT ( 06.00 – 11.00 )


DURASI WAKTU 1 JAM DISKUSI KEGIATAN
5’ PRESENSI
5’ PEMANASAN
15’ OLAHRAGA
5’ PELEMASAN
5’ APEL PAGI
15’ APERSEPSI, DISIPLIN, TABUNGAN, MOTIVASI BELAJAR
60’ MATERI 1
15’ ISTIRAHAT MAKAN
60’ MATERI 2
15’ GAMES LAGU
15’ PENGAYAAN
5’ APEL PULANG
TOTAL = 220 ’




IV. RENCANA OPERASI DIKLATSAR/ RENOPS ( 1 JAM PELAJARAN )


WAKTU DURASI KEGIATAN KEGIATAN BERLATIH-MELATIH (KBM) PENANGGUNG JAWAB KET

































PETUNJUK PELAKSANAAN
LATIHAN GABUNGAN (LATGAB)
PENDIDIKAN LATIHAN DASAR GABUNGAN (DIKLATSARGAB)
=========================================

PENDAHULUAN

Penggabungan Kegiatan Pembinaan dan Latihan Paskibra Sekolah adalah kegiatan yang sangat bermanfaat sekali karena dengan Diklatsar Gabungan antar Paskibra sekolah bisa mengakomodasikan dan menggabungkan pola-pola pikir siswa dari berbagai sekolah.

MAKSUD

Diklatsar Gabungan dimaksudkan agar kegiatan satuan tidak terfokus kepada kegiatan-kegiatan yang bersifat teknis latihan saja akan tetapi juga harus dapat mencerminkan kegiatan yang bersifat teknis akademis.

TUJUAN

1. Menghilangkan rasa egoisme dan individualistis sekolah.
2. Menghilangkan pertentangan antar Sekolah.
3. Memberikan wadah berkembangnya pola pikir bersama.
4. Mempererat tali persaudaraan antar siswa SMA dan SMK.

SASARAN

Anggota Paskibra Kelas X, kelas XI, dan kelas XII

BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan Diklatsar Gabungan dibagi dua :
A. Latihan yang terdiri dari : TUB, PBB, Bendera, pengisian Buku Merah Putih, sesuai dengan Kurikulum materi yang telah ditentukan oleh Pengurus Paskibra Kota Bandung.

B. Pembinaan yang terdiri dari :

1. Ceramah Umum
Adalah DIKLATSARGAB yang berbentuk Ceramah Umum dari seorang Pembina, Pelatih dan PPI.
2. Lomba
Adalah DIKLATSARGAB yang berbentuk Lomba, adapun jenis lomba adalah :
a. Lomba TUB antar Satuan atau antar regu/Perorangan.
b. Lomba PBB antar Satuan atau antar Regu/Perorangan.
c. Lomba Bendera antar satuan atau antar regu/perorangan.
d. Lomba Administrasi
e. Lomba yang bersifat Umum.
f. Lomba Kesenian antar Satuan atau antar regu/perorangan.
g. Olah raga antar satuan atau regu/perorangan
3. Kegiatan Rekreatif
Adalah DIKLATSARGAB yang berbentuk kegiatan Rekreatif, yaitu :
a. Buka Puasa Bersama
b. Tablig Akbar
c. Sepeda Santai
d. Naik Gunung
e. PorsTraP
f. Dll
C. Santiaji
Adalah DIKLATSARGAB yang berbentuk pemberian Doktrin Motivasi.
D. Diskusi, Dialog dan simulasi


PRINSIP-PRINSIP DIKLATSAR GABUNGAN

1. Pada dasarnya Latgab adalah evaluasi dari diklatsar.
2. Latgab dilaksanakan 1 bulan 1 kali, di minggu terakhir setiap bulannya.
3. Latgab/Diklatsar Gabungan dihadiri oleh :
a. Anggota Paskibra (Capas, Rakanta, Rimata).
b. Pembina dan Pelatih dari masing-masing satuan.
4. Tempat kegiatan LATGAB/DIKLATSARGAB terpusat di plaza balaikota atau berubah dan berpindah (rotasi satuan), diupayakan selalu dilakukan di Satuan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan Pelatih.
5. Waktu Pelaksanaan Kegiatan LATGAB/DIKLATSARGAB berpedoman pada :
a. Kesepakatan
b. Sebaiknya kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu/ hari libur.
c. Susunan kegiatan adalah sbb : (dapat berubah sesuai kesepakatan)
06.00 : Lari
06.30 : Apel
06.45 : PBB Masal
08.00 : Evaluasi Materi Diklatsar
09.30 : Istirahat – Makan
10.00 : Lagu-lagu dan Permainan
11.00 : Santiaji
11.30 : PBB Masal
11.45 : Apel.



6. Kegiatan DIKLATSARGAB harus mencerminkan GABUNGAN.
7. Kegiatan DIKLATSARGAB harus bisa menjabarkan bentuk Persatuan, Kesatuan, Persaudaraan dan Kekeluargaan.
8. Kegiatan DIKLATSARGAB memberikan motivasi untuk bidang Akademis.
9. Pembiayaan DIKLATSARGAB harus berdasarkan kesepakatan dan Hemat.
10. DIKLATSARGAB dilaksanakan minimal 2(dua) bulan satu kali, Setiap hari Minggu, Minggu ke 4 atau hari libur tergantung kesepakatan pelatih satuan yang akan melaksanakan DIKLATSARGAB.
11. Kegiatan Diklatsargab tidak berbenturan dengan waktu Latgab.






PETUNJUK PELAKSANAAN MATERI
LATGAB/DIKLATSARGAB
PASKIBRA SEKOLAH
TAHUN AJARAN 2010 – 2011


I. MATERI ( 5 JAM PELAJARAN )


WAKTU MATERI RIMATA MATERI RAKANTA MATERI CAPAS KET.
LATGAB 1
BULAN
SEPTEMBER 2008
05.00-11.00 WIB 1. Melatih CAPAS Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. PEMBERIATHUAN Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih & Cuex
3. Pemberitahuan & Pembagian Format materi LKKP Pemuka Pemuda & Materi kepelatihan tingkat muda untuk Rimata 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. PEMBERITAHUAN Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih & Cuex
3. Pemberitahuan & Pembagian Format materi LKKP Perintis Pemuda & Materi kepelatihan tingkat mula untuk Rakanta 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Kebersamaan, Kekeluargaan, Motivasi Menabung oleh Rimata
2. Ceramah Keagamaan - Shalat Berjamaah
3. Buka Bersama - Ramah Tamah 1. Pakaian Busana Muslim untuk CAPAS, RAKANTA & RIMATA , PELATIH & INSTRUKTUR ( WARNA BEBAS)
2. Lagu-lagu : MARS PASKIBRAKA, SELAMAT DATANG, TERIMA KASIH 1,2,3,4
LATGAB 2
BULAN
OKTOBER 2008
05.00-11.00 WIB 1. Melatih CAPAS Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. Pemeriksa Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
3. Materi 1, 2 LKKP Pemuka Pemuda & Materi kepelatihan 1,2 tingkat muda untuk Rimata 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung oleh pelatih/Instruktur
2. Pemeriksaan Perlengkapan, Buku Merah Putih
3. Materi LKKP 1,2 Perintis Pemuda & Materi kepelatihan 1,2 tingkat mula untuk Rakanta
4. Latihan PHBN 10 November
5. Up greeding Pengurus dan kecabangan 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung, Kebersamaan, Kekeluargaan oleh Rimata
2. Evaluasi Perlengkapan Capas
3. Evaluasi Buku merah Putih
4. Ceramah Keagamaan – Halal Bihalal
1. Pakaian Intruktrur PDL Kuning + pantalon
2. Pakaian Pelatih PDL putih Pelatih + Pantalon
3. Pakaian Rimata PDL PEDA + Pantalon
4. Pakaian Rakanta PDL 2 + Pantalon
5. Pakaian Bimanda PDL Capas Lengkap
6. Lagu-lagu : ADIK BARU, ADIK KAKAK JATUHCINTA, ADUH KASIHAN PASKIBRA
LATGAB 3
BULAN
NOPEMBER 2008
05.00-11.00 WIB 1. Melatih CAPAS Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. Pemeriksa Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
3. MENGEVALUASI Diklatsar
4. Materi 3, 4 LKKP Pemuka Pemuda & Materi kepelatihan 3,4 tingkat muda untuk Rimata 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung oleh pelatih/Instruktur
2. Pemeriksaan Perlengkapan, Buku Merah Putih
3. Materi LKKP 3,4 Perintis Pemuda & Materi kepelatihan 3,4 tingkat mula untuk Rakanta
4. Latihan PHBN 22 Desember
5. Up greeding Pengurus dan kecabangan
1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung, Kebersamaan, Kekeluargaan oleh Rimata
2. Evaluasi Perlengkapan Capas & Buku merah Putih
3. Evaluasi Diklatsar 1
4. Seleksi CAPASKA 1
5. CAPAS OF THE MONTH 1. Pakaian Intruktrur PDL Hitam + Ceko
2. Pakaian Pelatih PDLmerah-putih + Ceko
3. Pakaian Rimata PDL Angkatan + Ceko
4. Pakaian Rakanta PDL 1 + Ceko
5. Pakaian Bimanda PDL Capas Lengkap + Ceko
6. Lagu-lagu : ALENAJA, AMAPONDO, AYO MAMA, BAJU BARU, BALONKU 1,2
LATGAB 4
BULAN
DESEMBER 2008
05.00-11.00 WIB 1. Melatih CAPAS Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. Pemeriksa Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
3. Mengevaluasi Diklatsar
4. Materi 5,6 LKKP Pemuka Pemuda & Materi kepelatihan 5,6 tingkat muda untuk Rimata
5. RIMATA OF THE MONTH 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung oleh pelatih/Instruktur
2. Pemeriksaan Perlengkapan, Buku Merah Putih
3. Materi LKKP 5,6 Perintis Pemuda & Materi kepelatihan 5,6 tingkat mula untuk Rakanta
4. Up greeding Pengurus dan kecabangan
5. RAKANTA OF THE MONTH

1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung, Kebersamaan, Kekeluargaan oleh Rimata
2. Evaluasi Perlengkapan Capas & Buku merah Putih
3. Evaluasi Diklatsar 2
4. Seleksi CAPASKA 2
5. CAPAS OF THE MONTH 1. Pakaian Intruktrur Training
2. Pakaian Pelatih Training
3. Pakaian Rimata PDL 1 + Ceko
4. Pakaian Rakanta PDL Paska + Ceko
5. Pakaian Bimanda PDL Capas Lengkap + Ceko
6. Lagu-lagu : BANEBE, BERKARYA BERGEMBIRA, BERLARI PAGI, BOSAN, BUKA PINTU, CECEKOLE
LATGAB 5
BULAN
JANUARI 2009
05.00-11.00 WIB 1. Melatih CAPAS Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. Pemeriksa Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
3. Mengevaluasi Diklatsar
4. Materi 7,8 LKKP Pemuka Pemuda & Materi kepelatihan 7,8 tingkat muda untuk Rimata
5. RIMATA OF THE MONTH 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung oleh pelatih/Instruktur
2. Pemeriksaan Perlengkapan, Buku Merah Putih
3. Materi LKKP 7,8 Perintis Pemuda & Materi kepelatihan 7,8 tingkat mula untuk Rakanta
4. Up greeding Pengurus dan kecabangan
5. RAKANTA OF THE MONTH 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung, Kebersamaan, Kekeluargaan oleh Rimata
2. Evaluasi Perlengkapan Capas & Buku merah Putih
3. Evaluasi Diklatsar 3
4. Seleksi CAPASKA 3
5. CAPAS OF THE MONTH 1. Pakaian Intruktrur Training
2. Pakaian Pelatih PASKA
3. Pakaian Rimata PDL PEDA + Ceko
4. Pakaian Rakanta PDL 2 + Ceko
5. Pakaian Bimanda PDL Capas Lengkap + Ceko
6. Lagu-lagu : CINTA KILAT, CITA-CITA, CIUM SAYA COLENAK, DARLING, LARI EUY, LARI PAGI, LATIHAN PASKIBRA
LATGAB 6
BULAN
FEBRUARI 2009
05.00-11.00 WIB 1. Melatih CAPAS Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. Pemeriksa Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
3. Mengevaluasi Diklatsar
4. Materi 9,10 LKKP Pemuka Pemuda & Materi kepelatihan 9,10 tingkat muda untuk Rimata
5. RIMATA OF THE MONTH 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung oleh pelatih/Instruktur
2. Pemeriksaan Perlengkapan, Buku Merah Putih
3. Materi LKKP 9,10 Perintis Pemuda & Materi kepelatihan 9,10 tingkat mula untuk Rakanta
4. Up greeding Pengurus dan kecabangan
5. RAKANTA OF THE MONTH
6. Latihan PHBN BLA 23 Maret 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung, Kebersamaan, Kekeluargaan oleh Rimata
2. Evaluasi Perlengkapan Capas & Buku merah Putih
3. Evaluasi Diklatsar 4
4. Seleksi CAPASKA 4
5. CAPAS OF THE MONTH 1. Pakaian Intruktrur Training
2. Pakaian Pelatih PASKA
3. Pakaian Rimata PDL PEDA + Ceko
4. Pakaian Rakanta PDL 2 + Ceko
5. Pakaian Bimanda PDL Capas Lengkap + Ceko
6. Lagu-lagu : DER HANDERSTUT, DIANA, DOLEWAK, DOREMI, ENTOG NGENDOG, FORGET TO ME
LATGAB 7
BULAN
MARET 2009
05.00-11.00 WIB 1. Melatih CAPAS Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. Pemeriksa Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
3. Mengevaluasi Diklatsar
4. Materi 11,12 LKKP Pemuka Pemuda & Materi kepelatihan 11,12 tingkat muda untuk Rimata
5. RIMATA OF THE MONTH 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung oleh pelatih/Instruktur
2. Pemeriksaan Perlengkapan, Buku Merah Putih
3. Materi LKKP 11,12 Perintis Pemuda & Materi kepelatihan 11,12 tingkat mula untuk Rakanta
4. Up greeding Pengurus dan kecabangan
5. RAKANTA OF THE MONTH
1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung, Kebersamaan, Kekeluargaan oleh Rimata
2. Evaluasi Perlengkapan Capas & Buku merah Putih
3. Evaluasi Diklatsar 5 - 6
4. Seleksi CAPASKA 5
5. CAPAS OF THE MONTH 1. Pakaian Intruktrur Training
2. Pakaian Pelatih PASKA
3. Pakaian Rimata PDL PEDA + Ceko
4. Pakaian Rakanta PDL 2 + Ceko
5. Pakaian Bimanda PDL Capas Lengkap + Ceko
6. Lagu-lagu : GADO-GADO, GEMBIRA, GEMERINCING, GEULEUH 1,2, GONNA CHICKEN 1,2
LATGAB 8
BULAN
APRIL 2009
05.00-11.00 WIB 1. Melatih CAPAS Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. Pemeriksa Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
3. Mengevaluasi Diklatsar
4. Materi 13,14 LKKP Pemuka Pemuda & Materi kepelatihan 13,14 tingkat muda untuk Rimata
5. RIMATA OF THE MONTH 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung oleh pelatih/Instruktur
2. Pemeriksaan Perlengkapan, Buku Merah Putih
3. Materi LKKP 13,14 Perintis Pemuda & Materi kepelatihan 13,14 tingkat mula untuk Rakanta
4. Up greeding Pengurus dan kecabangan
5. RAKANTA OF THE MONTH
6. Latihan PHBN 2 MEI & 20 MEI 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung, Kebersamaan, Kekeluargaan oleh Rimata
2. Evaluasi Perlengkapan Capas & Buku merah Putih
3. Evaluasi Diklatsar 7 - 8
4. Seleksi CAPASKA 6
5. CAPAS OF THE MONTH 1. Pakaian Intruktrur Training
2. Pakaian Pelatih PASKA
3. Pakaian Rimata PDL PEDA + Ceko
4. Pakaian Rakanta PDL 2 + Ceko
5. Pakaian Bimanda PDL Capas Lengkap + Ceko
6. Lagu-lagu : GORENG PISANG, HEIHO, HULA HALE, IF I WAS DIE, IKAN SEMBILAN, JIKA BERBARIS, JHON KANAKANA
LATGAB 9
BULAN
MEI 2009
05.00-11.00 WIB 1. Melatih CAPAS Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. Pemeriksa Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
3. Mengevaluasi Diklatsar
4. Materi 15,16 LKKP Pemuka Pemuda & Materi kepelatihan 15,16 tingkat muda untuk Rimata
5. RIMATA OF THE MONTH 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung oleh pelatih/Instruktur
2. Pemeriksaan Perlengkapan, Buku Merah Putih
3. Materi LKKP 15,16 Perintis Pemuda & Materi kepelatihan 15,16 tingkat mula untuk Rakanta
4. Up greeding Pengurus dan kecabangan
5. RAKANTA OF THE MONTH
6. Persiapan PUSDIKLATSAR ASRAMA 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung, Kebersamaan, Kekeluargaan oleh Rimata
2. Evaluasi Perlengkapan Capas & Buku merah Putih
3. Evaluasi Diklatsar 9-10
4. Seleksi CAPASKA PANTOHIR
5. CAPAS OF THE MONTH
6. Persiapan PUSDIKLATSAR ASRAMA 1. Pakaian Intruktrur Training
2. Pakaian Pelatih PASKA
3. Pakaian Rimata PDL PEDA + Ceko
4. Pakaian Rakanta PDL 2 + Ceko
5. Pakaian Bimanda PDL Capas Lengkap + Ceko
6. Lagu-lagu : KACUNG KAMPRET, KAPAL SELAM, KAPENOL, KISS ME I, KUPLET, LARANTENAN
LATGAB 10
BULAN
JUNI 2009
05.00-11.00 WIB 1. Melatih CAPAS Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung
2. Pemeriksa Perlengkapan CAPAS, Buku Merah Putih
3. Mengevaluasi Diklatsar
4. Materi 17,18 LKKP Pemuka Pemuda & Materi kepelatihan 17,18 tingkat muda untuk Rimata
5. RIMATA OF THE MONTH
6. Pembukaan PUSDIKLATSAR-ASRAMA 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung oleh pelatih/Instruktur
2. Pemeriksaan Perlengkapan, Buku Merah Putih
3. Materi LKKP 15,16 Perintis Pemuda & Materi kepelatihan 15,16 tingkat mula untuk Rakanta
4. Up greeding Panitia, Pengurus dan kecabangan
5. RAKANTA OF THE MONTH
6. Pembukaan PUSDIKLATSAR-ASRAMA 1. Penekanan Disiplin Mentaati Aturan & Tata Krama di Paskibra, Motivasi Menabung, Kebersamaan, Kekeluargaan oleh Rimata
2. Evaluasi Perlengkapan Capas & Buku merah Putih
3. Evaluasi Diklatsar 9-10
4. CAPAS OF THE MONTH
5. Pembukaan PUSDIKLATSAR ASRAMA 1. Pakaian Intruktrur PSH
2. Pakaian Pelatih PDH PPI
3. Pakaian Rimata KEMEJA BEBAS
4. Pakaian Rakanta PDH
5. Pakaian Bimanda PSAS
6. Lagu-lagu : LOOK AT MY GARDEN, MAHAWARE, MANG ATA, MANGGIS, MASUTA


II. RENCANA LATIHAN DIKLATSARGAB / RENLAT ( 5 JAM PELAJARAN )


DURASI WAKTU 1 JAM DISKUSI KEGIATAN
5’ PRESENSI
5’ PEMANASAN
15’ OLAHRAGA
5’ PELEMASAN
5’ APEL PAGI
15’ APERSEPSI, DISIPLIN, TABUNGAN, MOTIVASI BELAJAR
60’ MATERI 1
15’ ISTIRAHAT MAKAN
60’ MATERI 2
15’ GAMES LAGU
15’ PENGAYAAN
5’ APEL PULANG
TOTAL = 220 ’


III. RENCANA OPERASI DIKLATSARGAB / RENOPS ( 5 JAM PELAJARAN )


WAKTU DURASI KEGIATAN KEGIATAN BERLATIH-MELATIH (KBM) PENANGGUNG JAWAB KET










































PETUNJUK PELAKSANAAN
LATIHAN REGU TUGAS
=================================================


PENDAHULUAN
Sesuai dengan Tugas Paskibra, yaitu melaksanakan Upacara baik tingkat Sekolah, Kota, Propinsi ataupun Nasional.

MAKSUD
Mempersiapkan sedini mungkin Pasukan yang akan bertugas.

TUJUAN
1. Agar Tugas berhasil dengan baik.
2. Tidak terlalu menyita waktu.

SASARAN
Anggota Paskibra Kota Bandung

BENTUK KEGIATAN
Latihan Formasi Tugas

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN REGU TUGAS
1. Petugas merupakan Pasukan Baru.
2. Kegiatan Latihan dilaksanakan oleh regu masing-masing, yang ditunjuk oleh Pembina atau Pelatih.
3. Latihan diusahakan tidak mengganggu waktu Belajar di Sekolah.
4. Latihan sesudah ada penunjukan Tugas dilaksanakan sesuai dengan kegiatan dan Jadwal latihan yang direncanakan.
5. Penugasan di Sekolah harus benar-benar terencana, seluruh anggota Paskibra harus pernah mencoba semua Tugas.
6. Apabila setiap regu akan melakukan Latihan Regu Tugas, maka waktunya Maksimal satu bulan satu kali.
7. Pembiayaan Latihan Regu Tugas ditanggung pemberi Tugas.
8. Waktu Latihan tidak lebih dari 120 menit.
15 menit : Apel
45 menit : TUB, PBB dan Bendera
90 Menit : Materi (Formasi, dll)
15 menit : Administrasi ; Kehadiran ; Keuangan, Penugasan ; perlengkapan
15 menit : Apel
9. Latihan harus dihadiri seluruh anggota Regu atau Regu yang ditunjuk yang namanya dicantumkan di dalam surat penunjukan Koordinator Paskibra Kota Bandung.

PETUNJUK PELAKSANAAN
KEGIATAN REKREATIF
========================================================

PENDAHULUAN

Kegiatan Paskibra yang diberikan kepada Anggotanya merupakan suatu tanggung jawab sosial yang harus bisa diaplikasikan di semua lingkungan, dimana kegiatan tersebut sangat memungkinkan menyita waktu pribadi untuk dapat rekreasi. Untuk itu maka Paskibra pun memberikan kepada Anggotanya kegiatan yang bersifat rekreasi.

MAKSUD

Memberikan alternatif kegiatan Anggota Paskibra.

TUJUAN

1. Menambah wawasan berfikir.
2. Memberikan kesegaran fisik dan mental

BENTUK KEGIATAN REKREATIF

1. Audiensi
2. Kunjungan
3. Rekreasi ke tempat-tempat wisata bersejarah
4. Buka Puasa Bersama
5. Tablig Akbar
6. Olah Raga
7. Kesenian
8. Sepeda Santai
9. naik Gunung
10. dll.

PRINSIP-PRINSIP KEGIATAN REKREATIF

1. Kegiatan harus dihadiri dan diikuti oleh seluruh anggota tanpa kecuali.
2. Prosentase kegiatan tidak melebihi kegiatan Pembinaan.
3. Penggunaan keuangan diusahakan sehemat dan secermat mungkin.
4. Persiapan yang dilakukan harus benar-benar mencerminkan kemandirian.
5. Persiapan yang dilakukan tidak boleh bersifat konsumtif.
6. Kegiatan Rekreatif memang ditujukan untuk istirahat dari kegiatan yang rutin.

PEDOMAN PELAKSANAAN
SISTEM PENDEKATAN DESA BAHAGIA

1. PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

1. Filosofis
Pancasila sebagai landasan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan perwujudan kepribadian bangsa Indonesia yang digali dari bumi Indonesia, mempunyai nilai-nilai luhur dan merupakan falsafah sekaligus pandangan hidup bangsa Indonesia.
Ciri khas masyarakat Indonesia adalah masyarakat sosial religius yang dalam semua aspek kehidupan ditandai oleh kegotong royongan, keserasian, keselarasan dan keseimbangan dalam kehidupan kekeluargaan serta yang diwarnai oleh watak dan kepribadian bangsa Indonesia.

2. Sejarah
a. Masalah pembinaan dan pengembangan generasi muda merupakan salah satu masalah universal yang dihadapi oleh manusia sejak zaman dahulu dan akan terus berlangsung sampai akhir zaman.
b. Bagi bangsa Indonesia yang dalam sejarahnya pernah mengalami pahit getirnya dijajah oleh bangsa asing, telah banyak tercatat berbagai usaha pembinaan generasi muda dalam usaha mengusir para penjajah oleh para pemuda dan pada zamannya.
c. Usaha perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia mencapai klimaksnya pada detik Proklamasi 17 Agustus 1945 dimana para pemuda Indonesia yang telah digembleng dengan baik, muncul sebagai pelopor dan patriot bangsa, sebagai hasil warisan tahun 1908, 1928 dan seterusnya.
d. Sejarah perjuangan pengisian kemerdekaan sejak tahun 1945 sampai saat ini mencatat juga beberapa tonggak penting peranan pemuda, misalnya angkatan 1966.
e. Merupakan satu kenyataan sejarah bahwa pada satu kurun waktu tertentu terdapat ciri yang tertentu pula tentang kepemudaan, baik masalah yang dihadapi, sikap serta peranan pemuda Indonesia itu.
f. Satu hal yang selalu dihadapi pada masanya oleh golongan tua adalah bahwa sepanjang ada massa pemuda, diperlukan adanya kegiatan pembinaan dan pengembangan bagi para pemuda itu, sehingga dapat memenuhi hasrat dan tuntutan masyarakat pada zamannya.


g. Dalam kurun waktu apapun para orang tua mempunyai kewajiban untuk mempersiapkan putra-putrinya menjadi anggota masyarakat yang baik menjadi penerus dari generasi sebelumnya. Sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 para pemimpin bangsa Indonesia telah mencoba mencari pola pembinaan dan pengembangan Generasi Muda Indonesia yang cocok dengan keperluan perjuangan Bangsa Indonesia.
Setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya pada tahun 1978 diputuskan adanya satu Pola Dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda yang tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 28 Oktober 1978, nomor : 0323/U/1978.
h. Dalam berbagai program dan kegiatan pembinaan dan pengembangan generasi muda merupakan satu masalah pokok yang menonjol yang perlu mendapatkan perhatian kita bersama adalah program Latihan Kepemimpinan dan Keterampilan Pemuda seperti yang diamanatkan oleh Ketetapan MPR nomor : II/MPR/1978 tentang GBHN dibidang Generasi Muda.
i. Untuk melaksanakan apa yang diamanatkan oleh Pola Dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda telah disusun Pola Induk serta Kerangka Dasar Latihan Kepemimpinan dan Keterampilan Pemuda.
j. Berdasarkan pengalaman di lapangan dalam melaksanakan berbagai jenis latihan kepemimpinan pemuda, serta setelah mengikuti berbagai Latihan Kepemimpinan dan Keterampilan Pemuda yang mempergunakan sistem pendekatan “Keluarga Bahagia”, maka sistem pendekatan “Keluarga Bahagia” adalah sistem pendekatan yang sesuai dan dapat dilaksanakan pada Pembinaan dan Latihan Paskibra Sekolah di Kota Bandung.

B. PENGERTIAN DAN HAKEKAT
1. Pengertian
a. Sistem adalah suatu rangkaian usaha yang dilakukan secara berencana, teratur dan berkesinambungan untuk mencapai suatu tujuan;
b. Pendekatan adalah suatu usaha/perbuatan yang berupa mendekatkan suatu hal;
c. Desa adalah sebuah tempat/wilayah daerah tempat hidup/ tinggal sejumlah keluarga/masyarakat;
d. Keluarga adalah suatu unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari orang tua/pembina/pelatih dan anak/peserta didik/ Rimata/Rakanta/Capas;
e. Bahagia adalah suatu perasaan sejahtera, yang dirasakan karena adanya rasa serasi, selaras dan seimbang.




2. Hakekat
Sistem Pendekatan Desa Bahagia/Keluarga Bahagia pada hakekatnya adalah suatu rangkaian usaha yang dilakukan secara sadar, teratur, berencana dan berkesinambungan di dalam satu wilayah tempat hidup sejumlah keluarga, kaum kerabat dengan perasaan penuh keseimbangan dan ketentraman, dimana Pancasila dilaksanakan sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
1. Maksud
Yang dimaksud dengan Desa Bahagia adalah suatu desa yang merupakan gambaran desa yang anggota-anggotanya terdiri dari insan-insan pengamal Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2. Tujuan
Desa Bahagia bertujuan mewujudkan kebiasaan hidup ber-Pancasila dengan keluarga bahagia yang anggota-anggotanya ditata atas dasar falsafah dan pandangan hidup bangsa, dimana anggotanya memperoleh kemungkinan untuk mengembangkan sikap positif seperti Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tertib, disiplin, gotong royong dan kekeluargaan, dan sikap positif lainnya yaitu Tanggap, Tanggon dan Trengginas.

D. LANDASAN
Landasan daripada sistem Pendidikan Keluarga Bahagia adalah :
1. Idiil : Pancasila
2. Konstitusional : Undang-undang Dasar 1945
3. Operasional
- Keppres No. 23 tahun 1979,
- Kep.Mendikbud No. 0323/U/1978, dan
- Inpres no. 12 tahun 1982.

















II. PELAKSANAAN SELAMA PUSDIKLATSAR (Pemusatan Latihan)

A. PERSIAPAN
1. Penerimaan Peserta
a. Secara administratif
Peserta diminta untuk menyelesaikan administrasi bio data, keuangan, dll
b. Secara Khusus (Tantingan)
Peserta diminta untuk berfikir kembali, apakah yakin akan mengikuti kegiatan selanjutnya. Peserta berada di luar ‘pintu gerbang’, setelah seluruh peserta yakin maka pintu gerbang dibuka dan peserta memasuki arena latihan. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM)

2. Orientasi lingkungan (Termasuk tata cara pembuatan/ pemeliharaan kamar)
Di luar pintu gerbang para peserta sudah berbaris menurut RT (Kamar) masing-masing yang sudah diatur di Pusdiklatsar hari terakhir. Setelah para peserta memasuki pintu gerbang, maka dengan dibimbing Binlat Among (Pendamping Pelatih) peserta diatur menuju RT nya masing-masing, kemudian diberi pengarahan pembuatan dan pemeliharaan di dalam kamar, serta seluruh tata tertib Desa Bahagia. Kemudian diadakan acara perkenalan dengan seluruh komponen “Keluarga Bahagia”. (Ket : Buku pedoman Desa Bahaggia terbitan Direktorat PGM)

3. Pemilihan Lurah (Pemilu) dan perangkat desa
Pemilihan Lurah Desa Bahagia dipimpin oleh Camat Kecamatan Sentosa dengan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Adil Makmur. Pemilihan dilakukan secara Demokratis, langsung, umum, bebas dan rahasia. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM).

4. Upacara Pembukaan
Upacara pembukaan adalah suatu acara dimana kegiatan Asrama Desa Bahagia resmi dimulai dengan susunan acara sesuai dengan pedoman yang sudah baku di dalam buku petunjuk yang lalu. (Terlampir)










B. KEGIATAN HARIAN

1. Bangun Pagi
Kebiasaan bangun pagi adalah hal yang sangat bermanfaat, untuk itulah maka kepada para peserta, yang juga dicontohkan oleh para panitia dan pelatih diharuskan untuk selalu bangun pagi, untuk menghirup udara yang bersih dan segar yang senantiasa sangat diperlukan bagi tubuh melalui paru-paru dan jantung agar dapat selalu bekerja dengan baik, hakekat dari kegiatan ini adalah usaha untuk mencapai nilai sikap dan tingkah laku seseorang kepada suatu tujuan tertentu yang baik dan berguna.
Oleh karena itu membangunkan dengan cara yang bersifat memerintah kiranya tidak akan membawa hasil yang optimal dibandingkan dengan cara pembinaan dengan jalan sistem “AMONG” yaitu memberikan pola anutan dan keteladanan yang nyata. Disinilah peran pembina, panitia dan pelatih sangat diperlukan dalam memberikan didikan dan latihan. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM)

2. Sholat (kegiatan ibadah)
Melakukan ibadah pada dasarnya merupakan kewajiban setiap orang yang beragama. Kewajiban melakukan perintah agama tersebut perlu terus dipelihara dan ditanamkan dalam jiwa setiap peserta dalam keadaan sangat tenang. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM)

3. Lari pagi/Senam pagi/gerak badan
Berolahraga yang teratur adalah suatu usaha yang paling baik untuk memelihara kesehatan badan. Lagi pagi /senam pagi/ gerak badan atau olahraga lain selama di asrama hendaknya dilakukan setiap pagi. Pembina dan Pelatih yang selalu siap di tempat latihan tepat pada waktunya sebelum peserta hadir pada hakekatnya sudah merupakan ajakan untuk menumbuhkan minat dan niat para peserta agar senantiasa memelihara kesehatan dan sekaligus mentaati tata tertib dan disiplin sebagai unsur sportivitas yang perlu dipelihara, dimiliki dan dibiasakan dalam hidup sehari-hari. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM)

4. Membersihkan kamar dan pemeliharaan diri
Kiranya tidak seorangpun menyangka bahwa “Kebersihan adalah pangkal kesehatan”. Untuk membiasakan rasa kecintaan terhadap kebersihan dan kesehatan pertama-tama perlu ditumbuhkan rasa kecintaan akan kebersihan diri sendiri serta lingkungan terdekatnya, yaitu kamar tidurnya selama di asrama dan diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan kebersihan dan kesehatan di lingkungan masyarakatnya kelak. Badan sehat dan bersih akan jauh dari gangguan penyakit, badan akan terasa segar bugar. Kebersihan badan tersebut dilakukan dalam keadaan tenang dan bermanfaat.
Kegiatan membersihkan ini harus dilombakan agar tidak terjadi kebosanan dan agar menumbuhkan rasa persaingan yang sehat diantara para peserta. Kamar-kamar pembina, panitia dan pelatih haruslah menjadi contoh bentuk kamar yang diinginkan oleh satu lingkungan Desa Bahagia. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM)

5. Makan bersama
Kegiatan makan merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan, dan dapat dijadikan alat/sarana untuk menggalang kerukunan dan dinamika kelompok antar sesama peserta, pembina, panitia dan pelatih yang terlibat. Pelaksanaannya tergantung situasi dan kondisi yang ada. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM).

6. Upacara Bendera
Kegiatan upacara Bendera mutlak dilaksanakan pada pagi dan sore hari dengan memakai sistem apel Bendera (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM)

7. Kegiatan belajar dan berlatih
Kegiatan belajar dan berlatih merupakan suatu rangkaian kegiatan dimana satu sama lain saling ketergantungan demi terjalinnya satu pembangunan suasana kegiatan dimana kegiatan-kegiatan tersebut dapat membuat asrama ini menjadi suatu desa yang mempunyai benang merah yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. (Ket : Lampiran rangkaian acara Pusdiklatsar dan Asrama)
Kegiatan-kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :
- Teknis PBB
- Teknis TUB
- Teknis Pengetahuan Khusus Bendera
- Keorganisasian
- Kepemimpinan
- Acara-acara tradisi, adalah kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan “suasana-suasana” yang akan membawa peserta kedalam suatu “suasana yang lain” dan tidak membosankan bahkan cenderung membuat peserta penasaran.
- Metoda-metoda yang digunakan adalah dinamika kelompok, diskusi, simulasi, demonstrasi, praktek, ceramah, tanya jawab, evaluasi, HAM, dll.






8. Hidup di alam terbuka
Kegiatan ini bermaksud agar peserta dapat melatih diri kearah kebaikan budi pekerti dengan cara hidup sementara di luar. Bentuk kegiatannya bisa berupa penjelajahan, menyusur pantai, mendaki gunung, dll. Diharapkan para peserta dapat menghayati secara langsung segala bentuk hidup dan kehidupan (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM).

C. KEGIATAN MENJELANG PENUTUPAN

1. Renungan malam
Kegiatan ini dimaksudkan agar siswa dapat selalu mengingat-ingat tentang ketergantungan diantara seama makhluk hidup, saling mengingatkan, saling menolong, dll. Kegiatan awal selalu memperhatikan situasi lingkungan asrama dan harus didahului oleh pendekatan kepada tetangga-tetangga asrama, menghindari terjadinya kesalahpahaman terhadap kegiatan ini.

2. Renungan Suci
Kegiatan ini merupakan lanjutan daripada kegiatan renungan malam akan tetapi peserta diminta untuk kumpul di satu lapangan, dan kemudian diisi oleh kata-kata “mutiara” yang mengantar peserta kepada perenungan diri yang lebih dalam, sehingga timbullah kesadaran diri untuk dapat merubah sikap hidup yang salah dan meningkatkan kualitas hidup yang sudah ada. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM).

3. Renungan Jiwa
Pada kegiatan ini para peserta diminta untuk mawas diri, untuk introspeksi dan retrospeksi. Kegiatan ini memerlukan kecermatan panitia, pembina dan pelatih dalam menyusun strategi agar tidak terjadi penurunan emosi setelah para peserta membaca buku renungan jiwa. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM)

4. Api Unggun
Malam api unggun selain merupakan tempat rekreasi bergembira, sambil memanaskan diri, adalah juga merupakan suatu alat pendidikan yang sangat berguna. Suatu hal yang paling penting dari kegiatan api unggun ini adalah jangan sampai acara ditinggalkan oleh peserta oleh karena sarana dan prasarana tidak lengkap, acara yang tidak teratur, pengisi acara yang tidak siap, dll. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM)




5. Pengukuhan
Pengukuhan sebagai tanda disahkannya para peserta sebagai anggota Paskibra Kota Bandung. (Ket : Buku pedoman Desa Bahagia terbitan Direktorat PGM.

6. Prasetya Paskibra
Prasetya Paskibra adalah sebagai tanda selesainya kegiatan Pendidikan dan Latihan Paskibra Kota Bandung. (Teknis terlampir)

7. Upacara Penutupan
Upacara penutupan adalah suatu acara dimana kegiatan Asrama Desa Bahagia resmi ditutup dengan susunan acara sesuai dengan pedoman yang sudah baku di dalam buku petunjuk yang lalu. (Terlampir)


III. PELAKSANAAN SESUDAH PUSDIKLATSAR (PEMBINAAN LANJUTAN)

Yaitu penerapan materi kegiatan yang dialksanakan di pendidikan dan latihan dasar (Pemusatan Latihan) pada kehidupan sehari-hari.


IV. PENUTUP

Atas dasar pengalaman dan pengamatan, sistem pendekatan KELUARGA BAHAGIA di dalam DESA BAHAGIA terbukti sangat bermanfaat dalam menanamkan rasa kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi generasi muda, rasa cinta tanah air, patriotisme, dalam pembinaan disiplin, disamping memupuk rasa persaudaraan dan kesatuan antar generasi.
Akhirnya di dalam pelaksanaannya faktor manusia memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan, karena diperlukan satu kemahiran tertentu, diperlukan bakat dan minat khusus, dalam melaksanakan satu latihan agar tercapai keberhasilannya.














Pedoman KBM dan Strategi
Kegiatan PUSDIKLATSAR dan ASRAMA


Kegiatan : PUSDIKLATSAR


No. Waktu Kegiatan MATERI
PBB dan TUB Kepemimpinan Lagu dan Permainan
1 Hari ke-1,
Pusdiklatsar - Perkenalan 1
- Penertiban admininistrasi
- MI 1
- Kesan dan BK - Evaluasi PBB 1
dan PBB 2
- Evaluasi Bendera 1
cara melipat dan
membentang
Bendera Tes 7 menit,

Membuat
gambar
bersambung - SALABELLE
- CECEKOLE
- Mari berjalan- jalan
2 Hari ke-2,
Pusdiklatsar - Perkenalan 2
- Penertiban admininistrasi
- MI 2
- Kesan dan BK - Evaluasi PBB 3
- Evaluasi Bendera 2
Menaikkan dan
Menurunkan
Bendera Diskusi :
“di toko”

Diskusi :
“tragedi RT”

Simulasi 1 ; rasa tanggung jawab - AMAPONDO
- MASUTA
- Mari berjalan- jalan
- Bermain bola
3 Hari ke-3,
Pusdiklatsar - Keterbukaan
- MI 3
- Kesan dan BK - Evaluasi PBB 4& 5
- Evaluasi TUB 1 ;
praktek para
petugas upacara Membuat angka 1234567

Membuat huruf CAPAS

Simulasi 2 ; menimbul-kan rasa bangga - CING-CING
GEMERINCING
- Ayam dikejar musang
















Kegiatan : ASRAMA DESA BAHAGIA


No. Waktu Kegiatan MATERI
PBB dan TUB Kepemimpinan Lagu dan Permainan
1 Hari ke-1,

(H-1 Asrama) Persiapan
PELATIH dan PANITIA ;
praktek di
LOKASI
ASRAMA
2 Hari ke-2

Hari ke-1
Asrama - Tantingan
- Pemilu
- Instropeksi 1 :
Menjadi
Teladan
- Simulasi 3 :
Latsat Doktrin awal ; Sikap, Disiplin, Prilaku, Tata Krama, Penam-pilan, Budi pekerti, kepribadian dan fleksibilitas - Hitam- Hijau
- Bonanza
- Dolewak

3 Hari ke-3

Hari ke-2
Asrama - Instropeksi 2 :
saling
memberikan
masukan

- Simulasi 4 ;
bagaimana
menjadi
Paskibra di
sekolah

- Simulasi 4 :
MAP satuan

- Bangun
Malam 1 Evaluasi TUB 2 ; belajar menjadi pemimpin lagu ORGANISASI ;
Proposal, Laporan, Arsip, Agenda, Surat. - Wir Wir yang
- Olah raga sing sehat
4 Hari ke-4

Hari ke-3
Asrama - Instropeksi 3 :
Saling
memotivasi

- Bangun
Malam 2 Menjelaskan
PBB, TUB dan
Bendera
Tampil
Perorang. - Pemburu- macam-
pertapa
- Menang sebanyak
mungkin
5 Hari ke-5

Hari ke-4
Asrama - Instropeksi 4 :
Pemecahan
masalah

- Renungan
Suci/ K’SEP Trik-trik : PBB, TUB dan
Bendera. - Tes IQ
- TakTikBom
No. Waktu Kegiatan MATERI
PBB dan TUB Kepemimpinan Lagu dan Permainan
6 Hari ke-6

Hari ke-5
Asrama - Instropeksi 5 :
Bagaimana
seharusnya
Rakanta dan
Rimata.

- PDL 1

- Renungan
Jiwa Cara melatih : PBB, TUB dan Bendera - Permainan kartu 9
- Dangdut ria.
7 Hari ke-7

Hari ke-6
Asrama - Persiapan
pengukuhan

- Pengukuhan

- Pelantikan
Paskibra
Sekolah Cara melatih : PBB, TUB dan Bendera Doktrin ;
Sikap, Disiplin, Prilaku, Tata Krama, Penam-pilan, Budi pekerti, kepribadian dan fleksibilitas
8 Hari ke-8

Hari ke-7
Asrama - Strategi
penerimaan
CAPAS

- Upacara
Penutupan
MAP Kota 2

- Praspas



















PETUNJUK PELAKSANAAN
LATIHAN KEPELATIHAN DAN LATIHAN KEPEMIMPINAN KETERAMPILAN PEMUDA
=========================================================

PENDAHULUAN
Pembinaan terhadap Paskibra Sekolah tidak hanya terbatas pada materi-materi teknis edukatif yang diberikan berdasarkan teori dan prakteknya saja, akan tetapi harus merupakan satu kesatuan yang dapat diaplikasikan di lingkungan sekolah. Keluarga dan masyarakat. Untuk hal tersebut di atas maka Paskibra Sekolah dan Paskibra Kota Bandung harus terus berupaya menambah Ilmu Pengetahuannya. Mendidik sikapnya dan melatih keterampilannya secara pribadi maupun kelompok untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

MAKSUD
Paskibra Sekolah dan Paskibra Kota Bandung terus mengupayakan pembinaan dan latihan yang berkesinambungan.

TUJUAN
1. Menambah Wawasan Berpikir
2. Menambah Ilmu Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan.
3. Untuk lebih mengarahkan Tujuan Pembinaan Paskibra dan Bekal menjadi Pelatih.

SASARAN
CAPAS, Anggota Paskibra kelas 2, Anggota Paskibra kelas 3

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN KEPELATIHAN DAN KEPEMIMPINAN
1. Tidak menganggu kegiatan belajar mengajar.
2. Dilaksanakan atas kesadaran pribadi untuk ikut mengembangkan organisasi.
3. Peserta yang lulus Latihan Kepemimpinan dan Keterampilan Pemuda disematkan Lencana Kepemimpinan(LK) dengan warna sesuai tingkatan.
4. Peserta yang lulus Latihan Kepelatihan disematkan Brevet dengan Bentuk sesuai dengan tingkatan.

ALUR PEMBINAAN/ PEMBERIAN MATERI LATIHAN KEPEMIMPINAN DAN KETERAMPILAN PEMUDA (LKKP) DAN LATIHAN KEPELATIHAN :
1. LKKP tingkat Pemuka Siswa - Asrama CAPAS
2. Latihan Kepelatihan tingkat Mula - Kelas 2
3. LKKP tingkat Perintis Pemuda - Kelas 2 atau 3
4. Latihan Kepelatihan tingkat Muda - Kelas 3
5. LKKP tingkat Pemuka Pemuda - Alumni Paskibra
6. Latihan Kepelatihan tingkat Madya - Alumni Paskibra
7. LKKP tingkat Kader Pemuda - Alumni Paskibra
8. Latihan Kepelatihan tingkat Utama - Alumni Paskibra
9. LKKP tingkat Pembina - Alumni Paskibra
SKEMA POLA PEMBINAAN/ PEMBERIAN MATERI
LATIHAN KEPEMIMPINAN DAN KETERAMPILAN PEMUDA (LKKP)
DAN LATIHAN KEPELATIHAN PASKIBRA KOTA BANDUNG
CAPAS
(Kelas X)
RAKANTA
(Kelas XI)
RIMATA
(Kelas XII)
PELATIH MUDA
(Kelas XII)
PURNA BAKTI


Semester 1 : Latihan Kepelatihan Tingkat Muda
Semester 2 : LKKP Perintis Pemuda Bagi yang BELUM
(LK Hijau disematkan pada Pengukuhan bersama Rakanta)
LKKP Pemuka Siswa
Ketika Pusdiklatsar Asrama
(LK Putih disematkan pada saat Pengukuhan)

( v













Semester 1 = Latihan Kepelatihan Tingkat Mula
Semester 2 = LKKP Perintis Pemuda
(LK Hijau disematkan bersamaan dengan Pengukuhan Paskibra Baru di Asrama)







CATATAN : 1. LKKP Perintis Pemuda dilaksanakan di satuan oleh Pelatih satuan dengan waktu disesuaikan dengan kondisi latihan.
2. Bagi Rakanta yang BELUM mengikuti LKKP Perintis Pemuda dapat mengikutinya setelah menjadi Rimata,dikukuhkan bersama
Rakanta di tahun berikutnya.
3.LKKP lanjutan dan Latihan Kepelatihan lanjutan dilaksanakan setelah Purna Bakti Paskibra sekolah dan dalam Dewan Pelatih.



Matrik Sistem Pembinaan Paskibra Sekolah dari Kelas X sampai kelas XII

NO TINGKATAN Warna
Lencana
Anggota
(LA) Warna lencana kepemimpinan (LK) Warna Buku Saku MATERI WAKTU
1
CACAPAS
-
-
-
- Pengadministrasian anggota (CACAPAS)
- Pengajuan LA putih dan Buku Saku putih ke pengurus PKB
2 Minggu

2 CAPAS/
BIMANDA
Memakai LA putih
- Mengisi buku saku putih
- Penekanan disiplin menabung
- Penekanan Buku merah putih
- Penekanan SK 100 - PSAS
- Penekanan amalan ibadah dan bakti keluarga
- PBB I sampai PBB X
- Tata Upacara Bendera
- Lipat Bentang Bendera
- Lagu dan Permainan
- Penekanan Aplikasi Sikap Penampilan (Ahlakul karimah)
- Mengisi buku saku (masing masing materi jika sudah dikuasai akan ditanda tangani oleh pelatih/senior) 1 tahun






- Materi LKKP pemuka siswa (LK putih) dilaksanakan pada saat PUSDIKLATSAR ASRAMA.
- Pengajuan LA Hijau, Buku saku hijau, ephaulete hijau, LK hijau dan KTA kepada pengurus PKB.
RAKANTA Menggunakan LA Hijau Memakai LK Putih
Setelah lulus mengikuti LKKP Perintis Pemuda maka menggunakan LK Hijau Mengisi Buku saku hijau - Materi melatihkan TUB, PBB I s.d. X, Lipat Bentang Bendera
- Materi LKKP perintis pemuda (LK Hijau), materi terlampir
- Materi kepelatihan tingkat mula, materi terlampir
- Doktrin SK 100
- Doktrin amalan ibadah dan bakti keluarga
- Doktrin Aplikasi Sikap Penampilan (Ahlakul karimah)
- Mengisi buku saku (masing masing materi jika sudah dikuasai akan ditanda tangani oleh pelatih/senior)
- Mengajukan LK Hijau, LA Merah dan Buku merah 1 tahun





RIMATA Menggunakan LA Merah LK Putih
Setelah lulus mengikuti LKKP Perintis Pemuda maka menggunakan LK Hijau Mengisi Buku saku Merah - Materi kepelatihan tingkat muda, materi terlampir
- Melanjutkan Materi LKKP perintis pemuda (LK Hijau), jika belum selesai.
- Doktrin amalan ibadah dan bakti keluarga
- Doktrin Aplikasi Sikap Penampilan (Ahlakul karimah)
- Mengisi buku saku merah (masing masing materi jika sudah dikuasai akan ditanda tangani oleh pelatih) 6 bulan
PELATIH MUDA Menggunakan LA Merah Menggunakan LK Hijau mengisi buku saku merah jika belum selesai
- manajemen strategi pengelolaan satuan
- melanjutkan mengisi buku saku merah.






Catatan : untuk latihan kepelatihan lanjutan dan LKKP Lanjutan Dilaksanakan setelah purna bakti atau setelah menjadi alumni, dibawah koordinasi dan tanggung jawab dewan pelatih.
KURIKULUM
LATIHAN KEPEMIMPINAN PEMUKA SISWA
(DIKLATSAR/DIKLATSAR)


No. Materi Kegiatan (Acara) Metoda Waktu Keterangan
1.


2.
3.
4.
5.
6.


7.
8
9.

10.


11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.

18.

19.

20.
21.



22.


Upacara Pembukaan
DIKLATSAR

Keagamaan (Mengaji)
Keberanian berbicara
Tata krama berbicara
Tata krama mendengarkan
Keberanian & kemampuan mengemukakan pendapat

Tata Upacara Bendera
Peraturan Baris Berbaris
Pengetahuan Khusus ttg
Bendera
Pengetahuan khusus ttg
Sejarah Paskibra

Pengetahuan Umum
Dinamika Kelompok
Keorganisasian
Kepemimpinan
Mengatur keuangan
Retorika/Pidato
Latihan dalam memimpin
kelompok
Latihan memimpin rapat
pengurus organisasi
Diskusi kelompok

Kunjungan/tatap muka
Acara tradisi dan khas dari dan Paskibra Kota Bandung


Upacara Penutupan
DIKLATSAR Upacara


Diskusi dan Praktek
Praktek
Diskusi dan Simulasi
Diskusi dan Simulasi
Praktek


Praktek dan Teori
Praktek dan Teori
Praktek dan Teori

Diskusi


Diskusi
Diskusi & Kertas Kerja
Simulasi
Diskusi
Diskusi
Praktek & Teori
Diskusi & Simulasi

Diskusi & Simulasi

Diskusi & Simulasi

Diskusi
Khas



Upacara 30 “


26 Jam
2 Jam
2 Jam
2 Jam
3 Jam


16 Jam
26 Jam
12 Jam

2 Jam


5 Jam
4 Jam
4 Jam
6 Jam
4 Jam
2 Jam
8 Jam

2 Jam

8 Jam

4 Jam
10 Jam



30 “
Pembina dan
Pelatih
151 Jam
Catatan :
1. Kegiatan berlangsung dimulai sejak Siswa baru daftar menjadi Calon Anggota Paskibra s.d Pusdiklatsar (dilaksanakan di satuan masing-masing).
2. Kegiatan diatur dan dikendalikan Rakanta dan Rimata satuan.
3. Setiap Calon anggota Paskibra (CAPAS) mengikuti kegiatan Latihan dengan baik serta teratur dan rapih administrasinya.
4. Pembiayaan dialokasikan dari tabungan, dikelola oleh satuan masing-masing.
5. Acara tradisi = Penyematan LA, Santiaji, PBB Masal, dll




KURIKULUM
LATIHAN KEPEMIMPINAN PEMUKA SISWA
(PUSDIKLATSAR/ ASRAMA)


No. Materi Kegiatan (Acara) Metoda Waktu Keterangan
1.
2.


3.
4.
5.
6.


7.
8
9.

10.

11.
12.
13.

14.
15.

16.



18.

Upacara Pembukaan DIKLATSAR
Keagamaan
(Ibadah/mengaji)
Keberanian berbicara
Tata krama berbicara
Tata krama mendengarkan
Keberanian & kemampuan
mengemukakan pendapat

Tata Upacara Bendera
Peraturan Baris Berbaris
Pengetahuan Khusus ttg
Bendera
Pengetahuan Umum

Dinamika Kelompok
Keorganisasian
Kepemimpinan

Retorika/Pidato
Latihan dalam memimpin
kelompok
Latihan memimpin rapat
pengurus organisasi


Upacara Praspas Upacara
Praktek


Evaluasi
Evaluasi
Evaluasi
Evaluasi


Evaluasi
Evaluasi
Evaluasi

Diskusi

Diskusi
Diskusi & Kertas Kerja
Simulasi

Praktek & Teori
Praktek

Praktek





30 “
15 Jam


4 Jam
4 Jam
4 Jam
5 Jam


6 Jam
6 Jam
4 Jam

3 Jam

15 Jam
2 Jam
15 Jam

4 Jam
2 Jam

2 Jam



30 “
Pembina dan
Pelatih
92 Jam
Catatan :
1. Kegiatan berlangsung dimulai sejak Pembukaan Pusdiklatsar.
2. Kegiatan diatur dan dikendalikan Rakanta.
3. Setiap Calon anggota Paskibra (CAPAS) mengikuti kegiatan Latihan dengan baik serta teratur dan rapih administrasinya.
4. Pembiayaan dialokasikan dari tabungan.
5. Acara tradisi = Tantingan, Pemilu, HUT, dll








KURIKULUM
LATIHAN KEPEMIMPINAN PERINTIS PEMUDA


No. Materi Kegiatan (Acara) Metoda Waktu Keterangan
1.


2.

3.
4.
5.


6.

7.


8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.

16.
17.
18.
19.

20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.


29.
30.
Upacara Pembukaan
DIKLATSAR

Keagamaan
(Ibadah/mengaji)
Jiwa Korsa Pemuda
Etos Kerja
Pendidikan Pendahuluan
Bela Negara

Kebijaksanaan Organisasi
Pemuda
Kebijaksanaan Pembangunan Pemuda

Dasar-dasar Manajemen
Dasar-dasar perencanaan
Dasar-dasar pengawasan
Tata usaha keanggotaan
Pengagendaan Surat
Pola Kerja Terpadu
Komunikasi Interpersonal
Teknik Pembuatan Rencana Kerja
Teknik Pembagian kerja
Motivasi Kelompok
Kepemimpinan Efektif
Master of Ceremony dan
Keprotokolan
Korespondensi
Pengelolaan Kas Kecil
Retorika/Pidato
Dinamika Kelompok
Simulasi memimpin kelompok
Simulasi memimpin rapat
Pengurus Organisasi
Diskusi kelompok,
Kunjungan Lapangan, dan
Seminar Kertas Kerja

Renungan/Pelantikan
Upacara Penutupan Upacara


Diskusi dan Praktek

Diskusi dan Simulasi
Observasi
Praktek


Diskusi/Tatap Muka

Diskusi/Tatap Muka


Diskusi & Kertas Kerja
Diskusi & Kertas Kerja
Diskusi & Kertas Kerja
Diskusi & Kertas Kerja
Diskusi & Kertas Kerja
Diskusi & Kertas Kerja
Diskusi & Simulasi
Diskusi & Kertas Kerja

Diskusi & Simulasi
Diskusi & Simulasi
Simulasi
Diskusi & Simulasi

Diskusi & Kertas Kerja
Diskusi & Kertas Kerja
Praktek
Simulasi
Praktek
Praktek
Praktek
Observasi
Presentasi


Doktrin, Prosesi dan
Penyematan Upacara
30 “


16 Jam

8 Jam
8 Jam
8 Jam


6 Jam

6 Jam


8 Jam
8 Jam
8 Jam
8 Jam
6 Jam
8 Jam
8 Jam
8 Jam

8 Jam
8 Jam
6 Jam
8 Jam

8 Jam
8 Jam
6 Jam
12 Jam
12 Jam
12 Jam
17 Jam
12 Jam
24 Jam


1 Jam
30 “
Instruktur
dan
Pelatih
259 Jam
Catatan :
1. Kegiatan berlangsung dimulai sejak awal semester 2 kelas XI (Rakanta) dan berakhir sampai semua materi LKKP sudah terkuasai.
2. Tempat kegiatan bisa dilaksanakan di satuan masing-masing.
3. Pelantikan Peserta LKKP Perintis Pemuda dilaksanakan pada Upacara Pengukuhan Anggota Paskibra baru.
4. Kegiatan tidak mengganggu jalannya LATSAT dan DIKLATSAR, justru harus seiring dan sejalan.
5. Bagi anggota kelas XII (Rimata) yang belum mengikuti LKKP Perintis Pemuda,bisa menyusul di semester II kelas XII, dan dilantik pada Upacara Pengukuhan selanjutnya.
6. Pembiayaan dialokasikan dari Kas Paskibra Sekolah dan sumbangan lain yang tidak mengikat.

KURIKULUM
LATIHAN KEPEMIMPINAN PEMUKA PEMUDA



NO MATERI KEGIATAN METODA WAKTU PEMBERI MATERI
1 Upacara Pembukaan Upacara 30 " KADER PEMUDA
2 Diskusi Panel Keagamaan Diskusi dan Praktek 8 Jam KADER PEMUDA
3 Pendalaman Iman dan Kerohanian Diskusi dan Praktek 8 Jam KADER PEMUDA
4 Pancasila, UUD 1945 & GBHN Diskusi dan Simulasi 8 Jam KADER PEMUDA
5 Wawasan Nusantara Diskusi dan Simulasi 8 Jam KADER PEMUDA
6 Ketahana nasional Diskusi dan Simulasi 8 Jam KADER PEMUDA
7 Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Diskusi & Praktek 6 Jam KADER PEMUDA
8 Kebijaksanaan Pemerintah ttg Organisasi Pemuda Diskusi /Tatap Muka 6 Jam KADER PEMUDA
9 Program Pembinaan Pemuda Diskusi dan Simulasi 8 Jam KADER PEMUDA
10 Hubungan Antar Manusia Diskusi dan Simulasi 8 Jam KADER PEMUDA
11 Kepemimpinan Pancasila Diskusi dan Simulasi 8 Jam KADER PEMUDA
12 Motivasi Kerja Diskusi & Kertas Kerja 8 Jam KADER PEMUDA
13 Tata Usaha Keuangan Diskusi & Praktek 8 Jam KADER PEMUDA
14 Teknik Koordinasi Diskusi & Praktek 8 Jam KADER PEMUDA
15 Teknik Pengawasan dan Pengendalian Diskusi & Kertas Kerja 8 Jam KADER PEMUDA
16 Teknik Penyusunan Laporan Diskusi & Kertas Kerja 8 Jam KADER PEMUDA
17 Tata Kearsipan Modern Diskusi & Kertas Kerja 8 Jam KADER PEMUDA
18 Teknik Berrpidato Praktek 8 Jam KADER PEMUDA
19 Manajemen SDM (Pendekatan Mikro) Diskusi & Simulasi 6 Jam KADER PEMUDA
20 Teknik Perencanaan Diskusi, Simulasi & Kertas Kerja 8 Jam KADER PEMUDA
21 Teknik Pengorganisasian Diskusi, Simulasi & Kertas Kerja 8 Jam KADER PEMUDA
22 Teknik Pembuatan MOU Diskusi, Simulasi & Kertas Kerja 8 Jam KADER PEMUDA
23 Teknik Penyusunan Proposal Diskusi, Simulasi & Kertas Kerja 6 Jam KADER PEMUDA
24 Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan (Pendekatan Rasional) Diskusi, Simulasi & Kertas Kerja 12 Jam KADER PEMUDA
25 Manajemen Inovasi ( Quality Control) Diskusi, Simulasi & Kertas Kerja 12 Jam KADER PEMUDA
26 Dinamika Kelompok Praktek 12 Jam KADER PEMUDA
27 Sinulasi Rapat Koordinasi Praktek 12 Jam KADER PEMUDA
28 Simulasi Pemecahan Kasus Praktek 24 Jam KADER PEMUDA
29 Diskusi Panel Praktek 8 Jam KADER PEMUDA
30 Diskusi Kelompok Praktek
31 Penulisan KKRK Praktek
32 Kunjungan Lapangan Observasi
33 Seminar Kertas Kerja Presentasi
34 TEST KENAIKAN TINGKAT Evaluasi Disesuaikan KADER PEMUDA
35 Renungan/Pelantikan
- Disesuaikan KADER PEMUDA
36 Upacara Penutupan - - KADER PEMUDA
Total Jam Pelajaran


KURIKULUM
LATIHAN KEPELATIHAN TINGKAT MULA


No. Materi Kegiatan (Acara) Metoda Waktu Keterangan
1.

2.
3.
4.

5.
6.

7.
8



9.

10.



11.

12.

13.


Upacara Pembukaan

Tata Upacara Bendera
Peraturan Baris Berbaris
Pengetahuan Khusus (Bendera)
Pengetahuan Umum
Kepemimpinan

Santiaji
Keorganisasian



Pancasila

UUD 1945



Metoda Kepelatihan

Renungan/Pelantikan

Upacara Penutupan
Upacara

Diskusi dan Simulasi
Diskusi dan Simulasi
Diskusi dan Simulasi

Diskusi dan Simulasi
Diskusi, Simulasi dan Studi Kasus
Studi Kasus
Diskusi, Simulasi dan Studi Kasus


Diskusi, Simulasi dan Studi Kasus
Diskusi, Simulasi dan Studi Kasus


Diskusi, Simulasi dan Studi Kasus
Doktrin, Prosesi dan Penyematan
Upacara



30 “

2 Jam
2 Jam
3 Jam

2 Jam
2 Jam

1 Jam
1 Jam



1,5 Jam

1,5 Jam



2 Jam

2 Jam

30 “
Instruktur dan
Pelatih
21 Jam
Catatan :
1. Kegiatan berlangsung dimulai sejak Semester I Kelas XI (Rakanta) selama 6 (enam) bulan, dilanjutkan LKKP Perintis Pemuda pada semester II dan ditutup ketika Pengukuhan Paskibra Baru selanjutnya di Asrama.
2. Kegiatan tidak menganggu jalannya LATSAT dan DIKLATSAR bahkan harus seiring dan sejalan.
3. Setiap anggota Paskibra (RAKANTA) mengikuti kegiatan Latihan dengan dibagai dalam regu-regu yang teratur dan rapih administrasinya.
4. Pembiayaan dialokasikan dari Kas Paskibra sekolah dan sumbangan lain yang tidak mengikat..
5. Seorang pelatih harus dapat menilai diri melalui Matrik kemampuan.






KURIKULUM
LATIHAN KEPELATIHAN TINGKAT MUDA



No Materi Acara Metoda Waktu Keterangan
1. Pembukaan Upacara 30 Menit Instruktur dan
Pelatih
2. TUB Diskusi dan Simulasi 1 Jam
3. PBB Diskusi dan Simulasi 1 Jam
4. Pengetahuan Khusus Diskusi dan Simulasi 1 Jam
5. Pengetahuan Umum Diskusi dan Tanya Jawab 1 Jam
6. Kepemimpinan Diskusi Simulasi dan
Studi Kasus 2 Jam
7. Santiaji Studi Kasus 30 Menit
8. Keorganisasian Diskusi Simulasi dan
Demonstrasi 1 Jam
9. Pancasila Pidato 3 Jam
10. UUD 1945 Pidato 3 Jam
11. Metoda Kepelatihan Pidato 2 jam
12. Renungan/Pelantikan Doktrin, Prosesi dan
Penyematan 2 jam
13. Penutupan Upacara 15 Menit
18 Jam
15 Menit
Catatan :
1. Kegiatan berlangsung dimulai sejak Semester I Kelas XII (RIMATA) selama 6 (enam) bulan, dilanjutkan LKKP Perintis Pemuda BAGI YANG BELUM pada semester II dan ditutup ketika Pengukuhan Paskibra Baru selanjutnya di Asrama.
2. Kegiatan tidak menganggu jalannya LATSAT dan DIKLATSAR bahkan harus seiring dan sejalan.
3. Setiap anggota Paskibra (RIMATA) mengikuti kegiatan Latihan dengan dibagai dalam regu-regu yang teratur dan rapih administrasinya.
4. Pembiayaan dialokasikan dari Kas Paskibra sekolah dan sumbangan lain yang tidak mengikat..
5. Seorang pelatih harus dapat menilai diri melalui Matrik kemampuan.











KURIKULUM
LATIHAN KEPELATIHAN TINGKAT MADYA



NO MATERI KEGIATAN METODA WAKTU PEMBERI MATERI
1 Upacara Pembukaan Upacara 30 " PELATIH UTAMA
2 Peraturan Baris Berbaris
Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab Terlampir
PELATIH UTAMA
3 Tata Upacara Bendera
Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab Terlampir
PELATIH UTAMA
4 Pengetahuan Khusus
( Tingkat Madya) Diskusi & Tanya Jawab 2 jam PELATIH UTAMA
5 Pengetahuan Umum
(Tingkat Madya) Diskusi & Tanya Jawab 2 jam PELATIH UTAMA
6 Teknik Kepemimpinan Madya Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab 2 jam PELATIH UTAMA
7 Teknik Santiaji Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab 2 jam PELATIH UTAMA
8 Teknik Keorganisasian Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab 2 jam PELATIH UTAMA
9 Quality Control Tingkat Satuan dan Rayon Diskusi & Tanya Jawab 2 jam PELATIH UTAMA
10 Metoda Kepelatihan Madya Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab 2 jam PELATIH UTAMA
11 Retrorika Pelatih madya Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab 2 jam PELATIH UTAMA
12 Pancasila, UUD 1945 &
GBHN Diskusi & Tanya Jawab 2 jam PELATIH UTAMA
13 Praktek &Test Kenaikan Tingkat EVALUASI Disesuaikan PELATIH UTAMA
14 Renungan/Pelantikan - Disesuaikan PELATIH UTAMA
15 Upacara Penutupan Upacara 30 " PELATIH UTAMA
Total Jam Pelajaran
















LAMPIRAN MATERI KEPELATIHAN PELATIH MADYA

I. PERATURAN BARIS BERBARIS


NO MATERI & LATIHAN PEMBERI MATERI WAKTU PEMBERIAN MATERI
1 Kewajiban Pelatih & Metode Melatih PelatihUtama/ Instruktur 2 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
2 Pembangunan Suasana Latihan PelatihUtama/ Instruktur 2 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
3 Validasi & Evaluasi Cara Melatih Aba-aba, PBB Kelompok 1 & 2 PelatihUtama/ Instruktur 2 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
3 Validasi & Evaluasi Cara Melatih Aba-aba, PBB Kelompok 3 & 4 PelatihUtama/ Instruktur 2 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
4 Validasi & Evaluasi Cara Melatih Aba-aba, PBB Kelompok 5 & 4 PelatihUtama/ Instruktur 2 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
5 Cara Evaluasi DIKLATSAR PelatihUtama/ Instruktur 12 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
6 Cara Evaluasi LATSAT PelatihUtama/ Instruktur 12 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
7 Evaluasi & Analisa Memimpin PBB MASAL PelatihUtama/ Instruktur 2 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
8 EVALUASI FUNGSI KONTROL PELATIH MUDA THD RAKANTA & CAPAS PelatihUtama/ Instruktur 6 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
TOTAL
LATIHAN 36 Jam Pelajaran


I. TATA UPACARA BENDERA


NO MATERI & LATIHAN PEMBERI MATERI WAKTU PEMBERIAN MATERI
1 Validasi dan Evaluasi Praktek TUB Keseluruhan PelatihUtama/ Instruktur 3 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
2 PRAKTEK TUB KESELURUHAN PelatihUtama/ Instruktur 3 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
3 EVALUASI & ANALISA PelatihUtama/ Instruktur 6 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
TOTAL
LATIHAN 12 Jam Pelajaran











KURIKULUM
LATIHAN KEPELATIHAN TINGKAT UTAMA



NO MATERI KEGIATAN METODA WAKTU PEMBERI MATERI
1 Upacara Pembukaan Upacara 30 " INSTRUKTUR
2 Peraturan Baris Berbaris
Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab Terlampir
INSTRUKTUR
3 Tata Upacara Bendera
Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab Terlampir
INSTRUKTUR
4 Pengetahuan Khusus
( Tingkat Utama) Diskusi & Tanya Jawab 2 jam INSTRUKTUR
5 Pengetahuan Umum
(Tingkat Utama) Diskusi & Tanya Jawab 2 jam INSTRUKTUR
6 Teknik Santiaji Utama Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab 2 jam INSTRUKTUR
7 Kemampuan Memimpin dan Pengorganisasian Massa Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab 2 jam INSTRUKTUR
8 Kemampuan Pengendaliaan dan Pengawasan Pelatih Muda Dan Madya Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab 2 jam INSTRUKTUR
9 Quality Control Tingkat Kota Diskusi & Tanya Jawab 2 jam INSTRUKTUR
10 Metoda Kepelatihan Utama Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab 2 jam INSTRUKTUR
11 Retrorika Pelatih Utama Diskusi, Simulasi & Tanya Jawab 2 jam INSTRUKTUR
12 Pancasila, UUD 1945 &
GBHN Diskusi & Tanya Jawab 2 jam INSTRUKTUR
13 Praktek &Test Kenaikan Tingkat EVALUASI Disesuaikan INSTRUKTUR
14 Renungan/Pelantikan - Disesuaikan INSTRUKTUR
15 Upacara Penutupan Upacara 30 " INSTRUKTUR
Total Jam Pelajaran




















LAMPIRAN MATERI KEPELATIHAN PELATIH UTAMA


I. PERATURAN BARIS BERBARIS


NO MATERI & LATIHAN PEMBERI MATERI WAKTU PEMBERIAN MATERI
1 Tangung Jawab dan Etos Kerja Pelatih Kewajiban Pelatih Instruktur 2 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
2 Validasi PBB & Melatih Memimpin PBB MASAL Melatih dan mencontohkan Instruktur 2 Jam pelajaran MENYESUAIKAN
3 Latihan Pembangunan Suasana Pendidikan dan Latihan Instruktur 2 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
4 Studi Kasus Mengevaluasi latihan dan Pelatih DIKLATSAR MANDIRI 12 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
5 Studi Kasus Mengevaluasi latihan dan Pelatih LATIHAN SATUAN MANDIRI 2 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
6 Studi Kasus Memimpin PBB MASAL MANDIRI 2 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
7 EVALUASI FUNGSI KONTROL PELATIH MADYA THD PELATIH MUDA, RAKANTA & CAPAS MANDIRI 6 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
TOTAL
LATIHAN 26 Jam Pelajaran



II. TATA UPACARA BENDERA


NO MATERI & LATIHAN PEMBERI MATERI WAKTU PEMBERIAN MATERI
1 Studi Kasus Validasi dan Evaluasi Praktek TUB Keseluruhan MANDIRI 3 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
2 Studi Kasus PRAKTEK TUB KESELURUHAN MANDIRI 3 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
3 Studi Kasus EVALUASI & ANALISA MANDIRI 6 Jam Pelajaran MENYESUAIKAN
TOTAL
LATIHAN 12 Jam Pelajaran

















FORMAT MATERI RAKANTA
(LKKP TINGKAT PERINTIS PEMUDA &
LATIHAN KEPELATIHAN MULA)

NAMA :
SATUAN :
ANGKATAN :


WAKTU MATERI RAKANTA PEMBERI MATERI HARI/
TANGGAL TANDA TANGAN
LATGAB 1
1. SANTIAJI
2. JIWA KORSA PEMUDA ULKA RAHMAN ‘98
022-91683297
085722244550 1.

2. 1.

2.
LATGAB 2 3. KEPEMIMPINAN
4. PENGURUS ORGANISASI CAHYO KARTIKO
08156297777 3.

4. 3.

4.
LATGAB 3
5. KEORGANISASIAN
6. KORESPONDENSI NURTANIAPURI, S. Pd.
0817431095
02292130775 5.

6. 5.

6.
LATGAB 4
7. POLA KERJA TERPADU
8. DASAR LATIHAN FISIK JOKO SUSETIYO, A. Md.
0818632436
02292494537 7.

8. 7.

8.
LATGAB 5
9. RETORIKA
10. ADM. ACARA ALVI HARDANI, S. Sn.
08122088067
02291915225 9.

10. 9.

10
LATGAB 6
11. TUGAS POKOK DAN FUNGSI PELATIH RAKANTA DI SATUAN
12. PENGAGENDAAN SURAT DADAN SAEPULOH
085220262131 11.

12 11.

12
LATGAB 7
13. MENJADI RAKANTA
14. KEBIJAKAN ORGANISASI & PEMBANGUNAN PEMUDA DEDY DHARMAWAN, S. Pd.
0811216826
0818226961
08156236666 13.

14 13

14
LATGAB 8
15. BENDERA, LAMBANG NEGARA, LAGU KEBANGSAAN
16. PENELOLAAN KAS KECIL BENNY TRISANDI
02291379104 15.

16. 15.

16.
LATGAB 9
17. SEJARAH NEGARA, PASKIBRA & PASKIBRAKA
18. IBADAH KEAGAMAAN IWAN SETIAWAN, S. PdI
08882378249 17.

18. 17.

18.
LATGAB 10
19. TUB 1 & 2
20. TATA USAHA KEANGGOTAAN SENDI KUNTANDI, S. Pd.
085624500777
02291842361 19.

20. 19.

20.
PUSDIKLATSAR - ASRAMA 2009 21. PBB
22. DINAMIKA &DISKUSI KELOMPOK DEDEN JAYA MULYANA 21.

22. 21.

22.
PUSDIKLATSAR-ASRAMA 2009 23. TAP MPR II/1978, PANCASILA/P4
24. SEMINAR KERTAS KERJA DEYNA SULIVAN
08158921478
02291606645 23.

24. 23.

24.
PUSDIKLATSAR-ASRAMA 2009 25. UUD 1945
26. PROPOSAL & LAPORAN
NURTANIAPURI, S. Pd.
0817431095
02292130775 25.

26. 25.

26.
PUSDIKLATSAR-ASRAMA 2008 27. SIMULASI MEMIMPIN KELOMPOK
28. MOTIVASI KELOMPOK EKI D. DARMAWAN, S. Pd.
081802012100 27.

28. 27.

28.



FORMAT MATERI RIMATA
(LKKP TINGKAT PEMUKA PEMUDA &
LATIHAN KEPELATIHAN MUDA)
NAMA :
SATUAN :
ANGKATAN :

WAKTU MATERI RIMATA PEMBERI MATERI HARI/
TANGGAL TANDA TANGAN
LATGAB 1 1. SANTIAJI
2. ETOS KERJA PEMUDA ULKA RAHMAN ‘98
022-91683297
085722244550 1.

2. 1.

2.
LATGAB 2 3. KEPEMIMPINAN PELATIH MUDA
4. KEPEMIMPINAN EFEKTIF CAHYO KARTIKO
08156297777 3.

4. 3.

4.
LATGAB 3 5. KEORGANISASIAN
6. KOMUNIKASI INTERPERSONAL NURTANIAPURI, S. Pd.
0817431095
02292130775 5.

6. 5.

6.
LATGAB 4 7. METODE KEPELATIHAN
8. DASAR LATIHAN FISIK JOKO SUSETIYO, A. Md.
0818632436
02292494537 7.

8. 7.

8.
LATGAB 5 9. PUBLIC SPEAKING
10. KEPROTOKOLAN ALVI HARDANI, S. Sn.
08122088067
02291915225
085624947432 9.

10. 9.

10
LATGAB 6 11. TUGAS POKOK DAN FUNGSI PELATIH MUDA DI SATUAN
12. TEKNIK PEMBUATAN RENCANA KERJA DADAN SAEPULOH
085220262131 11.

12 11.

12
LATGAB 7 13. MENJADI ANGGOTA PPI
14. KEBIJAKAN ORGANISASI & PEMBANGUNAN PEMUDA DEDY DHARMAWAN, S. Pd.
0811216826
0818226961
08156236666 13.

14 13

14
LATGAB 8 15. BENDERA, LAMBANG NEGARA, LAGU KEBANGSAAN
16. DASAR PERENCANAAN BENNY TRISANDI
02291379104 15.

16. 15.

16.
LATGAB 9 17. SEJARAH NEGARA, PASKIBRA & PASKIBRAKA
18. IBADAH KEAGAMAAN IWAN SETIAWAN, S. PdI
08882378249 17.

18. 17.

18.
LATGAB 10 19. TUB 1 & 2
20. DASAR MANAGEMEN SENDI KUNTANDI, S. Pd.
085624500777 19.

20. 19.

20.
PUSDIKLATSAR - ASRAMA 2009 21. PBB
22. SIMULASI MEMIMPIN RAPAT DEDEN JAYA MULYANA 21.

22. 21.

22.
PUSDIKLATSAR-ASRAMA 2009
23. TAP MPR II/1978, PANCASILA/P4
24. SEMINAR KERTAS KERJA DEYNA SULIVAN
08158921478
02291606645 23.

24. 23.

24.
PUSDIKLATSAR-ASRAMA 2009 25. UUD 1945
26. TEKNIK PEMBAGIAN KERJA NURTANIAPURI, S. Pd.
0817431095
02292130775 25.

26. 25.

26.
PUSDIKLATSAR-ASRAMA 2009 27. BELA NEGARA
28. DASAR PENGAWASAN/
SUPERVISI EKI D. DARMAWAN, S. Pd.
081802012100 27.

28. 27.

28.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar